Peran Supervisi Pendidikan dalam Mendorong Inovasi Pengajaran dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMPN 7 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.224Abstract
Supervisi pendidikan berperan penting dalam mendorong guru mengembangkan strategi pengajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana praktik supervisi yang bersifat reflektif dan berbasis pembinaan dapat meningkatkan inovasi pengajaran serta hasil belajar siswa di SMPN 7 Pekanbaru. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui Focus Group Discussion (FGD), observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang rutin dan dialogis membuka ruang refleksi bagi guru, mendorong mereka menerapkan metode kooperatif, teknologi pembelajaran, serta pendekatan berbasis proyek. Temuan juga menunjukkan bahwa guru yang memperoleh umpan balik rinci cenderung menunjukkan peningkatan signifikan dalam praktik mengajar dan keterlibatan siswa. Meski demikian, hambatan seperti keterbatasan waktu dan persepsi supervisi sebagai evaluasi masih menjadi tantangan. Oleh karena itu, supervisi perlu dilaksanakan secara lebih sistematis, humanis, dan berorientasi pada pengembangan profesional berkelanjutan
References
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Thematic analysis: A practical guide to qualitative research. London: Sage.
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Los Angeles: Sage.
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2014). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (9th ed.). Boston: Pearson.
Hargreaves, A., & Fullan, M. (2021). Professional capital: Transforming teaching in every school. New York: Teachers College Press.
Jaya Adi Putra, M. (2024). Pendekatan reflektif dalam supervisi pendidikan: Membangun profesionalisme guru. Pekanbaru: Universitas Riau Press.
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka: Transformasi pendidikan untuk masa depan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sergiovanni, T. J. (2009). The principalship: A reflective practice perspective (6th ed.). Boston: Pearson.
Wang, J., & Haertel, G. D. (2019). Assessing the impact of instructional supervision on teacher development and student learning outcomes. New York: Routledge.
Zepeda, S. J. (2012). Instructional supervision: Applying tools and concepts. New York: Routledge
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Jaya Adi Putra, Yuni Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.