Optimalisasi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 2 Jember
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.218Abstract
Pemanfaatan sarana dan prasarana di MAN 2 Jember merupakan fokus penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fasilitas di madrasah tersebut digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan rekomendasi untuk optimalisasi penggunaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memahami secara detail penggunaan fasilitas di MAN 2 Jember. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu pengelola madrasah dalam merencanakan pengembangan sarana dan prasarana yang lebih efektif dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi contoh bagi madrasah lain dalam mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan. Walaupun MAN 2 Jember sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti laboratorium komputer, proyektor LCD, dan akses internet, masih ada potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan optimal sarana dan prasarana yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana fasilitas di MAN 2 Jember digunakan dan bagaimana penggunaan tersebut dapat ditingkatkan untuk mencapai kualitas pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi madrasah lain dalam mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan.
References
Achmadwati, W., Meirawan, D., & Rahyasih, Y. (2018) Pemanfaatan Sarana Prasarana Kerja, Self Capacity Building , Dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 1–12.
Amalia, Zahra.(2018) "Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah Di MAN Prambon Nganjuk." JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 3.1: 17-24.
Arikunto,S.(2002) Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 75-80
Departemen Agama Republik Indonesia, Alquran dan Terjemahan, 261.
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 115–121.
Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan, A. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Sma Laboratorium. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 179–184.
Hermawan, Dani.(2020) Manajemen Sarana dan Prasarana. UIN KHAS Jember, 45-62
Huda, M.N.(2018) Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 59.
Mulyasa, E. (2007) Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 90-95
Nasution, S.(2001) Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 60-65
Padlan , Fitri Nurmahmudah, Datuk Muhammad Nasaruddin (2022) "Manajemen Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SD Muhammadiyah Tanjung Redeb" (Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Tambusa, 16319
Rakista, Putri Mutiara.(2023) "Implementasi Permendikbud Nomor 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana pendidikan." Sawala: Jurnal Administrasi Negara 11.1: 31-41
Sekretariat Negara Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 45 ayat (1)
Sudjana, N.(2005) Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 120-125
Suryosubroto, B.(2004) Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta,55-60
Tilaar,H.A.R. (2002) Manajemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Grasindo, 100-105
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lailia Raikhatul Jannah, Laily Asviatul Ahadiyah, Linda Yuli Agustin, M Alfan Madani, Rofiq Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.