Supervisi Akademik Berbasis Coaching dan Implikasinya terhadap Kualitas Pembelajaran di SMAN 2 Bangkinang Kota
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.217Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan menjadi agenda utama pembangunan nasional, yang sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru dan strategi pembelajaran yang diterapkan di kelas. Supervisi akademik berbasis coaching muncul sebagai pendekatan yang mendukung refleksi dan kolaborasi guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan supervisi akademik berbasis coaching, mengidentifikasi tantangan dalam implementasinya, dan mengevaluasi dampaknya terhadap pembelajaran di SMA N 2 Bangkinang Kota. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan guru, kepala sekolah, dan tim supervisi yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik Braun & Clarke (2019) dan divalidasi melalui triangulasi data dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi berbasis coaching diterapkan melalui tiga tahapan utama: pra-observasi, observasi, dan pasca-observasi, yang berhasil mendorong guru untuk mengembangkan kompetensi pedagogis dan menerapkan metode interaktif yang meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, penelitian juga menemukan adanya resistensi dari sebagian guru yang belum terbiasa dengan pendekatan reflektif serta keterbatasan keterampilan supervisor dalam memberikan coaching bermakna. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan supervisor dalam teknik coaching, strategi untuk mengatasi resistensi guru, dan integrasi refleksi sebagai budaya sekolah, sehingga supervisi berbasis coaching dapat menjadi instrumen utama untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru secara berkelanjutan.
References
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Psychology, 16(2), 1-20. Link : Thematic Analysis | SAGE Publications Inc
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Learning Policy Institute. Link : Effective Teacher Professional Development | Learning Policy Institute
Guskey, T. R. (2018). Educational professional development and its impact on teaching and learning. Teachers College Record, 120(4), 1-20. Link : Does It Make a Difference? Evaluating Professional Development
Hallinger, P. (2018). Bringing leadership back in: School effectiveness and improvement research in the 21st century. Educational Management Administration & Leadership, 46(1), 30-48. Link : Bringing context out of the shadows of leadership - Philip Hallinger, 2018
Knight, J. (2017). The Impact of Instructional Coaching on Teacher Development and Student Achievement. Corwin Press.
Putra, M. J. A. (2024). Buku Ajar Supervisi Pendidikan. Taman Karya.
Sergiovanni, T. J. (2016). Leadership and Supervision in Schools: Theory and Practice. Pearson Education. Link : Digital Integrated Circuits
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications. Link : Case Study Research and Applications | SAGE Publications Inc
Zepeda, S. J. (2019). Instructional Supervision: Applying Tools and Concepts. Routledge. Link : Instructional Supervision: Applying Tools and Concepts - 4th Edition -
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Jaya Adi Putra, Indah Efriani Zahara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.