Implementasi Supervisi Dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Kompetensi Guru di SMP Negeri 26 Pekanbaru

Authors

  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau
  • Novi Ferlinitasari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.216

Abstract

Supervisi akademik merupakan salah satu strategi penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi akademik dan dampaknya terhadap pengembangan kompetensi guru di SMP Negeri 26 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik berjalan secara terstruktur dan kolaboratif, tetapi masih menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu, kurangnya intensitas, dan pelaksanaan yang lebih fokus pada aspek administratif daripada pembinaan profesional. Supervisi akademik memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru pada aspek pedagogik dan profesional, meskipun pengembangan tersebut masih bersifat individual dan belum terorganisasi dalam suatu sistem pembinaan yang konsisten. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penguatan program supervisi yang lebih reflektif, berkelanjutan, dan berorientasi pada pengembangan seluruh kompetensi guru, guna mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif

References

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2014). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (9th ed.). Pearson Education.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2022). SuperVision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). Pearson Education.

Identif. (2025). Peer coaching: Tingkatkan kualitas mengajar melalui kolaborasi.

Jaya Adi Putra, M. (2024). Buku ajar supervisi pendidikan. Penerbit Akademika.

Kemdikbud. (2021). Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial, dua hal yang perlu dimiliki oleh para guru.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi kepala sekolah profesional. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Neliti. (2007). Peer coaching sebagai wahana guru untuk berkolaborasi melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Nisa, K., et al. (2023). Validasi instrumen supervisi akademik digital dalam peningkatan profesionalisme guru menggunakan teknologi digital. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan.

Nurmayuli, M.Pd. (2023). Supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru. Moslem Education Centre.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Departemen Pendidikan Nasional.

Qamaruzzaman, M., et al. (2024). Implementasi supervisi akademik berbasis digital. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep dasar dan teknik supervisi pendidikan. Usaha Nasional.

Sanoto, H., et al. (2022). Sistem informasi manajemen supervisi akademik berbasis website dalam peningkatan kinerja pengawas sekolah. Universitas Kristen Satya Wacana.

Sergiovanni, T. J. (2009). The principalship: A reflective practice perspective (6th ed.). Pearson Education.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Supardi. (2017). Kinerja guru. RajaGrafindo Persada.

Wahyudi. (2020). Supervisi akademik dan peningkatan kinerja guru. Deepublish.

Zepeda, S. J. (2019). Instructional supervision: Applying tools and concepts (4th ed.). Routledge

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

M. Jaya Adi Putra, & Novi Ferlinitasari. (2025). Implementasi Supervisi Dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Kompetensi Guru di SMP Negeri 26 Pekanbaru. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 14–21. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.216

Issue

Section

Articles