Penyusunan Rencana Kerja Tahunan Berbasis Nilai Islam: Panduan Strategis bagi Satuan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.213Keywords:
Rencana Kerja Tahunan, RKT, Pendidikan islam, Perencanaan pendidikanAbstract
Rencana Kerja Tahunan (RKT) menjadi instrumen penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam karena berfungsi sebagai kerangka strategis untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pendidikan yang efektif. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman komprehensif mengenai RKT dengan menjelaskan definisi operasional, landasan hukum, dan prinsip-prinsip penyusunannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei terstruktur dan kuesioner yang disebarkan kepada siswa, guru, dan staf administrasi untuk mengukur persepsi, tingkat kepuasan, serta pengalaman mereka terkait pelaksanaan RKT. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi pola, korelasi, dan tren yang signifikan, sehingga memberikan penilaian objektif mengenai dampak RKT terhadap praktik pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan seluruh pemangku kepentingan—pimpinan, staf, orang tua, dan siswa—mendorong terciptanya rasa memiliki dan kolaborasi yang semakin memperkuat keberhasilan pendidikan. Dengan demikian, RKT bukan hanya menjadi panduan operasional lembaga, tetapi juga menjadi instrumen strategis yang membantu mencapai tujuan jangka panjang, mencetak generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan zaman. Studi ini juga menekankan pentingnya indikator keberhasilan yang terukur serta evaluasi berkala untuk menjaga relevansi RKT di tengah perkembangan kebutuhan pendidikan
References
Afizhah, A., & Ardiansyah, M. (2021). , “Implementasi Rencana Kerja di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Makassar.” Pinisi Journal of Education, 1(1), 148.
Asiva Noor Rachmayani. (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3920(1), 6.
Fawwaiz, A. A., Ulhaq, M. N. D., Permatasari, D., Assidiqi, A. K., Alfido, K., Himawan, D. A. U., & Jannana, N. S. (2023). Penyelenggaraan Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik (Studi Kasus di SMAN 11 Yogyakarta). Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 14–34. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.14-34
Gorontalo, J. F. P. kemenkes. (2023). Rencana Kerja Tahunan 2023. Kementerian ESDM. migas.esdm.go.id
Ibn, U., Bogor, K., & Barat, J. (2023). Perencanaan Keuangan Lembaga Pendidikan Islam Dewi Kartika, Endin Mujahidin, Hasbi Indra, Indupurnahayu Nesia Andriana. VII(1), 134–155.
Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2024). 4 2,3,4. 10(September), 605–617.
Ita, E., Fono, Y. M., & Malo, M. (2024). Tantangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. 7(3), 685–691. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.731
Kamal, S. (2023). Penyusunan Rencana Strategis Lembaga Pendidikan Islam Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/view/31%0Ahttps://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/download/31/30
Kepala, S., Aliyah, M., Zen, R. R., Ulfatin, N., & Arifin, I. (2024). MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS : STUDI KASUS DI MAN KOTA BATU Karakter Religius di MAN Kota Batu. 4(11). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i11.2024.18
Nahrowi, M. (2014). Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Madrasah. Falasifa, 8(2), 1–12. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/38
Rachmad, F. (2023). Kesadaran Manfaat Perencanaan Strategis Bagi Lembaga Pendidikan. JAAMTER: Jurnal Audit, Akuntansi, Manajemen Terintegrasi, 1(2), 2023. https://naaspublishing.com/index.php/jaamter/article/view/5/5
Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2022). Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 e-ISSN: 26556332. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume, 2(2019), 2–5.
SD, L. L. P. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 16–32. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah%0Ahttps://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/Tahdzibi/article/view/6348
Siburian, P. (2009). Strategi Pencapaian Standar Pengelolaan Smp. 1–2.
Sugiyono. (2020). 40-84-1-Sm. 3(1), 1–11.
Wiliandini, S., Mulyati, Y. S., & Triatna, C. (2017). Studi Kasus Perencanaan Strategik Madrasah Tsanawiyah Yang Berorientasi Terhadap Peningkatan Mutu Layanan Pembelajaran Keagamaan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1), 49–55. https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5573
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Bani Adam, M Asrul Afifudin, Umi Mardiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.