Pengaruh Manajemen Strategi Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Dalam Institusi Pendidikan

Authors

  • Sri Afifah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Hafid Miftachul Ulum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Mardiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.210

Abstract

Manajemen strategi dan kepemimpinan merupakan dua elemen kunci dalam pengelolaan institusi pendidikan. Manajemen strategi mencakup proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi kebijakan untuk mencapai tujuan organisasi, sementara kepemimpinan berperan dalam mengarahkan dan memotivasi sumber daya manusia agar strategi tersebut dapat berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen strategi memengaruhi efektivitas kepemimpinan dalam institusi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi yang terstruktur dan berbasis data dapat meningkatkan efektivitas kepemimpinan dengan memberikan arah yang jelas dalam pengambilan keputusan serta mengoptimalkan sumber daya yang tersedia. Kepemimpinan yang efektif memainkan peran penting dalam memastikan keberhasilan implementasi strategi, sehingga menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih kondusif dan berkualitas. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa sinergi antara manajemen strategi dan kepemimpinan yang kuat sangat penting dalam meningkatkan kinerja institusi pendidikan. Evaluasi berkala terhadap strategi yang diterapkan diperlukan untuk memastikan efektivitas kebijakan serta menyesuaikan strategi dengan perubahan lingkungan pendidikan

References

Ambawani, C. S. L., Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK. Journal of Education Research, 5(4), 4810–4823. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578

Carvalho, M., Cabral, I., Verdasca, J. L., & Alves, J. M. (2021). Strategy and Strategic Leadership in Education: A Scoping Review. Frontiers in Education, 6, 706608. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.706608

Gita Selvia & Imamul Muttaqin. (2024). Peran Strategis Kepemimpinan dalam Merancang dan Mengimplementasikan Model Pembaharuan Lembaga Pendidikan. Reflection : Islamic Education Journal, 1(4), 211–220. https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.274

Hafizin, H., & Herman, H. (2022). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 99. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2095

Hidayah, S. W. N., Hidayati, D., Herlin, H., & Putra, K. E. (2023). Evaluasi Pencapaian Key Performance Indicator (KPI) untuk Merancang Training Need Analysis (TNA) Kompetensi Guru. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 1229–1243. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.5976

Kasmin, K., & Nurilahi, R. (2023). Hubungan Penggunaan Education Management Information System (EMIS) 4.0 dengan Efektivitas Pendataan Pendidikan Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 8(2), 123–134. https://doi.org/10.15575/isema.v8i2.20354

Kusumaningrum, H., Fithriyah, N., Nugraha, C. G., Fata, M., & Ghafur, R. (2024). Peran Lingkungan Eksternal yang ada di Lembaga Pendidikan (Kajian Studi Literatur Manajemen Strategik).

Nisa’, K., & Muttaqin, M. I. (2024). Strategi dan Model Kepemimpinan dalam Mencapai Keberhasilan di Dunia Pendidikan. 2.

Pohan, S. S., Rambe, N., & Nasution, I. (2024). STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MASA DEPAN. 09.

Pratama, F. N. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. 10.

Putri, A. F., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Model Supervisi Pendidikan Berbasis Kolaboratif. 8.

Riangga Fathurrahman. (2024). Analisis Strategi Manajemen Operasional Untuk Pendidikan. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, 2(4), 199–204. https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i4.1380

Rusnawati, R. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA PEGAWAI PADA DINAS

PERHUBUNGAN GAYO LUES. JURNAL AL-IJTIMAIYYAH, 6(2), 89. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v6i2.7845

Suprayitno, K., & Hamdani, M. K. (2021). IMPLEMENTASI FORMULASI STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. 5(2).

Syaharuddin & Maimun. (2024). MANAJEMEN STRATEGI SEBAGAI PARADIGMA BARU DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN: SEBUAH REVIEW LITERATUR. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 179–198. https://doi.org/10.24252/idaarah.v8i2.51511

Syahril Muh, A. (2020). EVALUASI PROGRAM KOMITE SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTUN PENDIDIKAN DI SD NEGRI BOLENG KECAMATAN ILEBOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.214

Syaifulloh, M., & Yugo, T. (2025). Education Sustainability in Enhancing the Quality of Human Resources in the Era of Globalization. 6(1).

Widiyaningsih, P., & Narimo, S. (2023). Peran Guru dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6325–6332. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2753

Yuliyanti, R., Wibawa, S., & Mulyono, R. (2024). MANAJEMEN STRATEGI PADA KETATALAKSANAAN DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEBAGAI BIDANG GARAP MANAJEMEN PENDIDIKAN. 09.

Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan: Success Indicators in Educational Program Evaluation. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1052–1062. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5049

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Sri Afifah, Hafid Miftachul Ulum, & Mardiyah. (2025). Pengaruh Manajemen Strategi Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Dalam Institusi Pendidikan. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 29–43. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.210

Issue

Section

Articles