Pengaruh Manajemen Strategi Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Dalam Institusi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.210Abstract
Manajemen strategi dan kepemimpinan merupakan dua elemen kunci dalam pengelolaan institusi pendidikan. Manajemen strategi mencakup proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi kebijakan untuk mencapai tujuan organisasi, sementara kepemimpinan berperan dalam mengarahkan dan memotivasi sumber daya manusia agar strategi tersebut dapat berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen strategi memengaruhi efektivitas kepemimpinan dalam institusi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi yang terstruktur dan berbasis data dapat meningkatkan efektivitas kepemimpinan dengan memberikan arah yang jelas dalam pengambilan keputusan serta mengoptimalkan sumber daya yang tersedia. Kepemimpinan yang efektif memainkan peran penting dalam memastikan keberhasilan implementasi strategi, sehingga menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih kondusif dan berkualitas. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa sinergi antara manajemen strategi dan kepemimpinan yang kuat sangat penting dalam meningkatkan kinerja institusi pendidikan. Evaluasi berkala terhadap strategi yang diterapkan diperlukan untuk memastikan efektivitas kebijakan serta menyesuaikan strategi dengan perubahan lingkungan pendidikan
References
Ambawani, C. S. L., Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK. Journal of Education Research, 5(4), 4810–4823. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578
Carvalho, M., Cabral, I., Verdasca, J. L., & Alves, J. M. (2021). Strategy and Strategic Leadership in Education: A Scoping Review. Frontiers in Education, 6, 706608. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.706608
Gita Selvia & Imamul Muttaqin. (2024). Peran Strategis Kepemimpinan dalam Merancang dan Mengimplementasikan Model Pembaharuan Lembaga Pendidikan. Reflection : Islamic Education Journal, 1(4), 211–220. https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.274
Hafizin, H., & Herman, H. (2022). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 99. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2095
Hidayah, S. W. N., Hidayati, D., Herlin, H., & Putra, K. E. (2023). Evaluasi Pencapaian Key Performance Indicator (KPI) untuk Merancang Training Need Analysis (TNA) Kompetensi Guru. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 1229–1243. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.5976
Kasmin, K., & Nurilahi, R. (2023). Hubungan Penggunaan Education Management Information System (EMIS) 4.0 dengan Efektivitas Pendataan Pendidikan Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 8(2), 123–134. https://doi.org/10.15575/isema.v8i2.20354
Kusumaningrum, H., Fithriyah, N., Nugraha, C. G., Fata, M., & Ghafur, R. (2024). Peran Lingkungan Eksternal yang ada di Lembaga Pendidikan (Kajian Studi Literatur Manajemen Strategik).
Nisa’, K., & Muttaqin, M. I. (2024). Strategi dan Model Kepemimpinan dalam Mencapai Keberhasilan di Dunia Pendidikan. 2.
Pohan, S. S., Rambe, N., & Nasution, I. (2024). STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MASA DEPAN. 09.
Pratama, F. N. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. 10.
Putri, A. F., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Model Supervisi Pendidikan Berbasis Kolaboratif. 8.
Riangga Fathurrahman. (2024). Analisis Strategi Manajemen Operasional Untuk Pendidikan. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, 2(4), 199–204. https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i4.1380
Rusnawati, R. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA PEGAWAI PADA DINAS
PERHUBUNGAN GAYO LUES. JURNAL AL-IJTIMAIYYAH, 6(2), 89. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v6i2.7845
Suprayitno, K., & Hamdani, M. K. (2021). IMPLEMENTASI FORMULASI STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. 5(2).
Syaharuddin & Maimun. (2024). MANAJEMEN STRATEGI SEBAGAI PARADIGMA BARU DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN: SEBUAH REVIEW LITERATUR. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 179–198. https://doi.org/10.24252/idaarah.v8i2.51511
Syahril Muh, A. (2020). EVALUASI PROGRAM KOMITE SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTUN PENDIDIKAN DI SD NEGRI BOLENG KECAMATAN ILEBOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.214
Syaifulloh, M., & Yugo, T. (2025). Education Sustainability in Enhancing the Quality of Human Resources in the Era of Globalization. 6(1).
Widiyaningsih, P., & Narimo, S. (2023). Peran Guru dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6325–6332. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2753
Yuliyanti, R., Wibawa, S., & Mulyono, R. (2024). MANAJEMEN STRATEGI PADA KETATALAKSANAAN DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEBAGAI BIDANG GARAP MANAJEMEN PENDIDIKAN. 09.
Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan: Success Indicators in Educational Program Evaluation. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1052–1062. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Afifah, Hafid Miftachul Ulum, Mardiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.