Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan Agama Islam Anak
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.206Keywords:
Family Environment, Islamic Religious Education, Children, Role of Parents.Abstract
Penelitian ini mengkaji secara mendalam peran keluarga dalam pendidikan agama Islam anak-anak, yang menjadi landasan penting pembentukan karakter dan kepribadian sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana lingkungan keluarga mempengaruhi pemahaman dan praktik agama Islam pada anak, sekaligus menelaah faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi efektivitas pendidikan agama di rumah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang sistematis, dengan data sekunder yang diperoleh dari jurnal ilmiah, buku akademis, dan artikel-artikel terpercaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa keluarga yang harmonis, religius, dan memberikan teladan nyata melalui ibadah bersama, komunikasi terbuka, dan pembiasaan nilai-nilai moral, mampu menciptakan generasi Muslim yang berakhlak mulia dan berintegritas. Namun, tantangan muncul ketika orang tua sibuk, memiliki latar belakang pendidikan rendah, atau kurang memahami prinsip-prinsip Islam, yang berdampak pada lemahnya internalisasi nilai agama pada anak. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penguatan peran orang tua sebagai teladan dan pendidik utama, dengan dukungan lingkungan masyarakat religius dan pemanfaatan teknologi yang bijak, guna memastikan keberhasilan pendidikan agama Islam dan pembentukan karakter generasi muda yang kokoh
References
Al-Abrāsyiy, M. A. (1993). Dasar-dasar pokok pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Ambarita, J., Yuniati, E., & Purnamasari, I. (2021). Problematika orang tua dalam menjalankan perannya sebagai guru bagi anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1819–1833.
Besari, A. (2022). Pendidikan keluarga sebagai pendidikan pertama bagi anak (hal. 14).
Daradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Bandung: CV. Ruham.
Heri, R. (2022). Peranan keluarga dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Jurnal Imtiyaz, 6(1).
Hidayat, R., & Wijaya, C. (2016). Ilmu pendidikan Islam: Menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Holle, S., Ali Holle, M., & Solehati. (2025). Sistem pendidikan Islam dalam keluarga (suatu metode mendidik anak dalam perspektif Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 81–87.
Masrufa, B., & Kholishoh, B. (2023). Pelaksanaan pendidikan agama Islam anak dalam keluarga melalui metode Islamic parenting. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2, 13–28.
Najwansyah, F., Nasution, H. S., & Syahlan, A. (2024a). Peranan keluarga dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di lingkungan 6 Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Najwansyah, F., Nasution, H. S., & Syahlan, A. (2024b). At-Tarbiyah: Peranan keluarga dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di lingkungan 6 Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Ningsih, E. P. (2024). Peran keluarga dalam membangun kesadaran keagamaan anak usia dini: Perspektif pendidikan Islam.
Taubah, M. (2015). Pendidikan anak dalam keluarga perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109–136.
Thoha, M. C. (1996). Kapita selekta pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, M., Susilawati, A., & Maba, A. P. (2020). Problematika pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga perkawinan beda agama di Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 112–126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Amelia, Sabrina Naila Izzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.