Analisis Semantik Kata “Ilm” Dalam Al-Qur'an Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Anjclan Jafar Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau
  • Badrul Muslim Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau
  • Muhammad Farhan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau
  • Yuda Al Baihakki Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.2

Abstract

Kata “'Ilm” dalam Al-Qur'an memiliki makna yang luas dan mendalam, mencakup konsep pengetahuan, pemahaman, dan kebijaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna semantik kata “'Ilm” dalam berbagai konteks ayat Al-Qur'an serta menafsirkan maknanya dalam pendidikan Islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata “'Ilm” tidak hanya mengacu pada pengetahuan secara umum, tetapi juga mencakup ilmu wahyu, pengetahuan empiris, serta pemahaman yang mendalam terhadap ajaran Islam. Selain itu, “'Ilm” dalam Al-Qur'an sering dikaitkan dengan konsep hikmah, tafakkur, dan tadabbur, yang menunjukkan bahwa pendidikan Islam tidak hanya menumpuk akumulasi informasi, tetapi juga refleksi kritis dan pengamalan ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini dalam pendidikan Islam adalah pentingnya penanaman paradigma ilmu yang berbasis wahyu, integrasi antara ilmu agama dan sains, serta penguatan metode pembelajaran yang berorientasi pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat menjadi sarana untuk membentuk individu yang berilmu, berakhlak, dan memiliki kesadaran spiritual yang tinggi

References

Aini, Lia Qurrota. “Konsep Ilm Dalam Al-Qur’an (Kajian Semantik).” Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadits 1, no. 2 (2018): 154–77.

Kulsum, Ummu. “Perspektif ‘Al-Ilm’ Menurut Al-Qur’an Dan Ulama Salafi Di Dalam Tatanan Pendidikan Islam.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2020): 1–14. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.229.

Qomariyah, Laili Nur. “Pemikiran Toshihiko Izutsu Tentang Semantik Al-Qur’an.” Disertasi, 2009, 1–343.

Aini, Lia Qurrota. “Konsep Ilm Dalam Al-Qur’an (Kajian Semantik).” Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadits 1, no. 2 (2018): 154–77.

Kulsum, Ummu. “Perspektif ‘Al-Ilm’ Menurut Al-Qur’an Dan Ulama Salafi Di Dalam Tatanan Pendidikan Islam.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2020): 1–14. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.229.

Qomariyah, Laili Nur. “Pemikiran Toshihiko Izutsu Tentang Semantik Al-Qur’an.” Disertasi, 2009, 1–343.

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Anjclan Jafar, Badrul Muslim, Muhammad Farhan, Yuda Al Baihakki, & Deassy Arestya Saksitha. (2025). Analisis Semantik Kata “Ilm” Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(2), 107–116. https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.2

Issue

Section

Articles