Sejarah Perkembangan Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.197Abstract
Sekolah berbasis Islam merupakan salah satu bagian dari lembaga pendidikan Islam. Lahirnya sekolah Islam di Indonesia tak terlepas dari peran para tokoh pendidikan Islam di Indonesia. Sekolah Islam di Indonesia sudah ada sejak awal 1900an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan sekolah berbasis Islam yang ada di Indonesia ini. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan (library research) yang mana penulis menghimpun dari berbagai sumber buku dan jurnal penelitian yang sesuai dengan materi kajian penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah ditemukan bahwa Sekolah Islam di Indonesia diawali dengan kemunculan Adabiyah School (1909) yang ada di Minangkabau yang kemudian disusul dengan kemunculan Madras School (1910) yang berdiri di Sungayang. Selain itu Diniyah School, Sekolah Muhammadiyah, Sekolah NU dan sekolah Islam Terpadu juga masuk dalam kategori sekolah berbasis Islam dan mempunyai peran masing-masing dalam perkembangan sekolah berbasis Islam di Indonesia
References
Al Farabi, Mohammad. 2020. “Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia: Kasus Adabiyah School.” Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences 1(3):248–271. doi: 10.30821/islamijah.v1i3.7838.
Alfikri, Harits Harifan. 2024. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Madrasah di Indonesia Pra Kemerdekaan Tahun 1908-1942.” Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah 6(1):76–99.
Anwar, Rully Khairul, Neneng Komariah, dan Mohammad Taufiq Rahman. 2017. “Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat.” Wawasan Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 2(1):131–142. doi: 10.15575/jw.v2i1.964.
Astuti, Dyah Rahmi, dan M. Yusuf Wibisono. 2022. “Tunjauan Sejarah atas Peran Organisasi Kemasyarakatan Islam pada Pembangunan Indonesia.” Jurnal Iman dan Spiritualitas 2(1):121–130. doi: http://dx.doi.org/10.15575/jis.v2i1.16882.
Basyit, Abdul. 2018. “Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 14(1). doi: 10.31000/rf.v14i1.812.
Kurniawan, Hendra, dan Fauziah Nur Ariza. 2020. “Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi.” Ittihad 4(1):81–88.
Lubis, Ahmadi. 2018. “Sekolah Islam Terpadu dalam Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia.” Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya 4(2):1077–1095. doi: 10.36424/jpsb.v4i2.60.
M, Herlambang, Muqowim, dan Rofik. 2024. “Sejarah Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8(2):275–296. doi: 10.69552/tarbiyatuna.v8i2.2512.
Marlina, Leny. 2012. “Kajian Terhadap Perkembangan Sekolah Muhammadiyah.” TA’DIB XVII(1):103–124.
Mufid, Ahmad Irfan, dan Suwidi. 2016. “Mengungkap Politik Kekuasan Dalam Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia Melalui Kajian Historis.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 9(1):1–14.
Nizah, Nuriyatun. 2016. “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11(1):181–202. doi: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.810.
Rahim, Ali. 2013. “Nahdlatul Ulama (Peranan dan Sistem Pendidikannya.” Jurnal Al-Hikmah XIV(2):174–185.
Rahman, Kholilur. 2018. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Tarbiyatuna 2(1):1–14.
Saputra, Fedry. 2021. “Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” AL-HIKMAH: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam 3(1):98–108. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1137.
Saputra, Inggar. 2019. “Resolusi Jihad: Nasionalisme Kaum Santri Menuju Indonesia Merdeka.” JURNAL ISLAM NUSANTARA 3(1):205–237. doi: 10.33852/jurnalin.v3i1.128.
Sudaryo, Achmad. 2023. “Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia.” INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1):1–9. doi: https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.1.
Syarifuddin, Nur. 2017. “Madrasah Sebagai Bentuk Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia.” Al-Ibrah 2(2):25–54.
Taufik, Muhammad, M. Afif Ansori, dan An An Andari. 2023. “Dynamics of Darul Dakwah Wal Irsyad Education Institute.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 5(3):140–156. doi: 10.37680/scaffolding.v5i3.3479.
Taufiqqurrahman, Moh, dan Nuril Qodri Mubarok. 2022. “Sekolah-Sekolah Islam Peran dan Prospeknya dalam Indonesia Modern.” JoIEM (Journal of Islamic Education Management) 3(1):72–82. doi: 10.30762/joiem.v3i1.1.
Yunus, Mahmud. 2008. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wadzurriyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fahri Abid, Naffa'ani 'ilma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.