Implementasi Pembelajaran Inquary Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 101764 Bandar Klippa Medan

Authors

  • Nur Hafizah Sibarani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Rinaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Selvira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.190

Abstract

Pembelajaran inkuiri kontekstual telah banyak dikaji sebagai strategi yang efektif dalam pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran inkuiri kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 101764 Bandar Klippa Medan. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologis, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri kontekstual efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman materi, dan keterampilan berpikir kritis. Namun, kendala utama meliputi keterbatasan waktu, kesiapan siswa untuk belajar mandiri, dan kebutuhan akan fasilitas pendukung. Rekomendasi penelitian meliputi pelatihan guru, optimalisasi manajemen waktu, dan penyediaan sarana belajar untuk mendukung keberhasilan strategi ini.

References

Anggraini, D. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 39-46. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722/1451

Arends, Richard. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGrawHill Education. Hal. 128

Arlina. Dkk. (2023). Penerapan Strategi Inquiry Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Anwarul: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(5), 889-898. https://pdfs.semanticscholar.org/9170/a2780df5bdad2f5914550a4c2bb9b6e16d56.pdf

Aulia, R. Dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Pai Di Sman 1 Banuhampu. Koloni: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 557-563. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/201

Bruner, J. S. (1961). The Act of Discovery. Harvard Educational Review. Hal. 23

Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 3(3), 2288- 2294. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/57127/33746

Hasan, R & Islam, S. (2023). Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran. Palapa : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7 (1), 30-49. https://www.academia.edu/39859532/INOVASI_STRATEGI_PEMBELAJARAN_INKUIRI_DALAM_PEMBELAJARAN

Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (1999). Joining Together: Group Theory and Group Skills. Allyn and Bacon. Hal. 77

Kurniawan, A. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Wiyata Bestari Samasta.

Margono, S (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta , Cet. 7

Miles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press. Hal. 16

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piaget, J. (1950). The Psychology of Intelligence. Routledge and Kegan Paul. Hal. 34

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hal. 76

Sanjaya. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Prenadamedia.

Suherti, Euis & Rohimah, Siti Maryam. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas pasundan.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press. Hal. 56

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nur Hafizah Sibarani, Arlina, Rizki Rinaldi, & Selvira. (2024). Implementasi Pembelajaran Inquary Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 101764 Bandar Klippa Medan. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 175–181. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.190

Issue

Section

Articles