Implementasi Pembelajaran Inquary Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 101764 Bandar Klippa Medan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.190Abstract
Pembelajaran inkuiri kontekstual telah banyak dikaji sebagai strategi yang efektif dalam pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran inkuiri kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 101764 Bandar Klippa Medan. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologis, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri kontekstual efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman materi, dan keterampilan berpikir kritis. Namun, kendala utama meliputi keterbatasan waktu, kesiapan siswa untuk belajar mandiri, dan kebutuhan akan fasilitas pendukung. Rekomendasi penelitian meliputi pelatihan guru, optimalisasi manajemen waktu, dan penyediaan sarana belajar untuk mendukung keberhasilan strategi ini.
References
Anggraini, D. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 39-46. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722/1451
Arends, Richard. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGrawHill Education. Hal. 128
Arlina. Dkk. (2023). Penerapan Strategi Inquiry Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Anwarul: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(5), 889-898. https://pdfs.semanticscholar.org/9170/a2780df5bdad2f5914550a4c2bb9b6e16d56.pdf
Aulia, R. Dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Pai Di Sman 1 Banuhampu. Koloni: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 557-563. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/201
Bruner, J. S. (1961). The Act of Discovery. Harvard Educational Review. Hal. 23
Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 3(3), 2288- 2294. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/57127/33746
Hasan, R & Islam, S. (2023). Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran. Palapa : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7 (1), 30-49. https://www.academia.edu/39859532/INOVASI_STRATEGI_PEMBELAJARAN_INKUIRI_DALAM_PEMBELAJARAN
Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (1999). Joining Together: Group Theory and Group Skills. Allyn and Bacon. Hal. 77
Kurniawan, A. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Wiyata Bestari Samasta.
Margono, S (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta , Cet. 7
Miles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press. Hal. 16
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Piaget, J. (1950). The Psychology of Intelligence. Routledge and Kegan Paul. Hal. 34
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hal. 76
Sanjaya. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Prenadamedia.
Suherti, Euis & Rohimah, Siti Maryam. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas pasundan.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press. Hal. 56
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Hafizah Sibarani, Arlina, Rizki Rinaldi, Selvira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.