Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Usman Syarif
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.189Abstract
Pembelajaran kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajarinya dan menghubungkannya dengan situasi di dalam kehidupan nyata. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengimlementasian strategi pemebelajaran kontekstual yang dilakukan di Pondok Pesantren Usman Syarif pada kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif. Peneliti melakukan proses pembelajaran ditingkat MTS kelas VII, peneliti menerapkan langkah–langkah pembelajaran kontekstual yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual menjadikan siswa merasa menyenangkan dan lebih aktif dalam pembelajaran. Para siswa/i merasa lebih bersemnagat dan berani mengemukakan pendapat mereka. Dengan demikian, penerapan pemebelajaran kontekstual tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap semangat belajar mereka. Semangat belajar yang tinggi akan memperkuat motivasi siswa untuk aktif mengikuti pelajaran, mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
References
Almasdi. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Persada Media.
Andi, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: wais Inspirasi Indonesia.
Ardiansyah, & Syahran, R. &. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrument Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN:Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1,No,2.
Arifin,A.S. (2021). Pembelajaran Menyenangkan . Kemendikbud.
Christofel, N. D. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, Vol,2 No,2. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Creswell, J. (2014). Reasech Design:Qualitative,Quantutative,and Mix Methods Approaches (4th ed). Sage Publication.
Daryanto & Rahardjo Muljo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Johan, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV.Jejak.
Mashudi, & Fatimah, A. (2020). Contextual Teaching And Learning. Lumajang: LP3DI Press.
Mazrur. (2021). Contextual Teaching and Learning dan Gaya Belajar . Bekasi: CV.Media Edukasi Indonesia.
Muslich, M. (2003). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual . Jakarta: Bumi Aksara.
Nursiah. (2022). Strategi Pmbelajaran Kontekstual. GUAU:Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol,2 No,2. Retrieved from http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Rusman. (2014). Model - Model Pembelajaran :Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saifuddin,A. (2014). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pstaka Sarwono.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian endidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, L. d. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Keaktifan Siswa dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matemtika .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adinda Ramadani, Arlina, Raja Gusti Mandari Siregar, Sri Wahyuni Rambe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.