Analisis Kritis Dalam Mengintegrasikan Kurikulum Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.179Abstract
Evaluasi dalam melaksanakan kurikulum yang diperkenalkan oleh Rusman pada tahun 2014 yang bertujuan untuk membahas terkait evaluasi kurikulum, penetapan tujuan pembelajaran, pemilihan bahan ajar, serta penentuan strategi dan metode pembelajaraan serta implementasi kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan integrasi kurikulum pendidikan islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa evaluasi dalam melaksanakan kurikulum di SDIT Fastabiqul Khairat telah di terapkan. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara penulis dengan salah satu guru Ibu Suci Amalia, S.Pd beliau mengatakan bahwa para guru di SDIT Fastabiqul Khairat sudah menyiapkan dan menyusun rencana pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, pemilihan bahan ajar, penentuan strategi dan metode pembelajaran serta implementasi kurikulum adalah langkah-langkah yang saling terkait dan sangat penting untuk mencapai hasil pembelajraan yang efektif.
References
Anizar dan Sardin, (2023), Evaluasi Pada Kurikulum Merdeka, Edupedia Publisher
Abdurrahman Hillabi, (2019), Evakuasi kurikulum. Jln. Moncokerto No. 12G. Pustaka Amanah
Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.
Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.
Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.
Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.
Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.
Mulyasa, (2015), Perkembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung. Remaja Rosdakarya
Rahman. A. U dan Nasryah. C. E, (2019), Evaluasi Pembelajara. Ds. Sidoarjo, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia
Rusman, (2014), Model-model Pembelajaran, Jakarta, Raja Grafido
Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.
Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.
Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvani Aulia, Septia Fani Suharjo, Noviria Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.