Analisis Kurikulum Pendidikan Pada Masa Orde Lama

Authors

  • Nurul Khikamah STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Indah Fatimatuzzahro STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Andrean STAI Nurul Falah Air Molek, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.178

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk individu dan kemajuan masyarakat. Di Indonesia, perkembangan sistem pendidikan dari masa ke masa terlihat dalam perubahan kurikulum, yang berfungsi untuk menyesuaikan pendidikan dengan kebutuhan zaman dan membentuk karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan kurikulum pendidikan Indonesia, khususnya pada masa Orde Lama, yang meliputi Kurikulum 1947, 1952, dan 1964. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pada masa Orde Lama memiliki ciri khas yang berbeda pada setiap periodenya, menekankan nasionalisme dan pengembangan karakter. Selain itu, perubahan kurikulum juga dipengaruhi oleh konteks politik dan sosial pada saat itu, yang tercermin dalam kebijakan pendidikan yang berbeda di setiap kurikulum. Kurikulum 1947 difokuskan pada pendidikan karakter nasional, Kurikulum 1952 pada aspek tematik dalam kehidupan masyarakat, dan Kurikulum 1964 pada pembelajaran yang aktif dan produktif. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang hubungan antara kurikulum, perubahan sosial, dan politik, serta tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

References

Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 569–577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327

Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192

Anitasari, L., & Cahyono, A. (2023). Kurikulum dan Pola Ilmu Pengetahuan Pada Masa Orde Lama dan Orde Baru. Social Science Academic, 1(2), 93–98. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3390

Datumula, S. (2021). Peraturan Kebijakan Pendidikan Di Indonesia Pada Masa Orde Lama, Orde Baru, Reformasi, Dan Kabinet Kerja. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 56–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol1.iss2.27

Dhani, R. (2020). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45–50. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.0020Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8100490Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.1975053910Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Hutabarat, Y. V., Sijabat, D. P., & Andini, R. K. (2024). Indoktrinasi Pendidikan Pada Masa Orde Lama: Menanamkan Nilai Pancasila Dan Manipol/Usdek. Humaniora, Sosial Dan Bisnis, 2(2988–6287), 23–32.

Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Mariatul Hikmah. (2020). Makna Kurikulum dalam Perspektif Pendidikan. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 458–463. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i1.36

Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901

Salim Salabi, A. (2022). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177

Setyorini, R., Martono, M., & Hartoyo, A. (2023). Pengaruh Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 383–398. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2770

Sriwijayanti, I. (2023). Pendidikan Kristiani Multikultural dalam Kurikulum Katekisasi di resort GKE Kasongan. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.86

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Nurul Khikamah, Indah Fatimatuzzahro, & Andrean. (2025). Analisis Kurikulum Pendidikan Pada Masa Orde Lama. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.178

Issue

Section

Articles