Madrasah Hadis di Mekkah Dan Madinah: Peran, Karakteristik, Dan Pengaruhnya Dalam Islam
Abstract
Madrasah hadis di Mekkah dan Madinah memiliki peran signifikan dalam sejarah Islam sebagai pusat penyebaran ilmu hadis. Penelitian ini bertujuan untuk membahas sejarah perkembangan, karakteristik unik, dan kontribusi madrasah hadis di dua kota suci tersebut terhadap transmisi ilmu hadis. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan historis-analitis, mengandalkan data dari kitab klasik dan karya ilmiah modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah hadis di Mekkah berfokus pada pengajaran berbasis halaqah di Masjidil Haram, dengan pengaruh budaya lokal yang lebih fleksibel. Sementara itu, madrasah hadis di Madinah berkembang di Masjid Nabawi dengan penekanan pada sanad yang lebih ketat dan metodologi riwayah-dirayah. Kedua madrasah ini berperan dalam menjaga keaslian hadis dan membangun jaringan ulama di berbagai wilayah Islam. Temuan ini menegaskan pentingnya madrasah hadis sebagai fondasi dalam disiplin ilmu hadis sekaligus model pendidikan keislaman
References
Anshori, M. (2017). Syarah Hadits dari Masa ke Masa. Jurnal Al-Irfani : Jurnal Kajian Tafsir Hadits, 1-32.
Basir, A. (2022). LEMBAGA MASJID DALAM PENDIDIKAN PERIODE KLASIK. Mataram: Kanhaya Karya.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Kuttab sebagai Potret Pendidikan Dasar Periode Klasik. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 99-111. doi:http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i2.388
Darussamin, Z. (2020). ILMU HADITS I. Yogyakarta: KALIMEDIA.
Fatiqoh, F., Wahyuningsih, S., & Arifin, S. (2023). Pertumbuhan Madrasah pada Masa Awal Kasus Madrasah di Haramain. NUSANTARA: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 151-162. doi:https://doi.org/10.54471/nusantara.v3i2.33
Hani, U. (2022). Pengantar Studi Islam. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary.
Ifendi, M. (2020). Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam. Fenomena, 12(2), 139-260.
Mahmudah, A. (2021). Institusi-institusi Pendidikan dan Transmisi Ilmu: Masjid, Madrasah, dan Lembaga Pendidikan. Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 9(2), 64-78.
Muhajir. (2003). Madrasah di Makkah dan Madinah. Al Qalam, 191-210.
Mujab, M. (2011). Antara Makkah, Basrah dan Kemerdekaan Studi Konstruksi Historis Pendidikan Islam Era Klasik hingga Modern. ULUL ALBAB: Jurnal Studi Islam, 12(2), 219-233.
Mustofa, I., Mala, K. V., Muflihatin, M., & Jannah, S. R. (2021). PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PRA MADRASAH. CERMIN: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(1), 6-10.
Muthoharoh, M., & Lazim, A. (2022). Memahami Pola Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah – Syari’ah Islamiyah, 20(2), 40-56.
Novianto, E. (2021). Madrasah dan Pertumbuhan Ilmu Islam. MUBTADIN, 7(1), 1-16.
Rahimi, R. (2021). Perkembangan Pendidikan Islam masa Nabi Muhammad SAW Periode Makkah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 170-183. doi:https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.397
Rasyidah, A. (2020). PENDIDIKAN PADA MASA RASULULLAH SAW DI MAKKAH DAN DI MADINAH. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan & Pendidikan Agama Islam, 2(1), 32-44. doi:https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i1.475
Solihin, F., & Mutaqin, R. S. (2022). PENGANTAR STUDI MADRASAH HADIS. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist , 169-186.
Sriwardona, Iswandi, Azis, L., & Lubis, D. A. (2023). Baitul Arqam sebagai Lembaga Pendidikan pada Masa Rasulullah. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 31-39.
Sukhori, S. (2018). Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Sebelum Madrasah. QATHRUNA, 5(1), 45-58.
Utami, D. A., Ilyas, D., & Hidayat, R. (2024). Histori Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam di Zaman Rasulullah Saw. Proceeding International Conference on Tradition and Religious Studies, (pp. 1-10).
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yayan Somantri, Engkos Kosasih, Isra Mardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.