Analisis Kritis Kurikulum Pendidikan di Indonesia Masa Orde Baru

Authors

  • Aisyah Rahma Astuti STAI Nurul Falah, Indragiri Hulu, Riau
  • Arief Satria STAI Nurul Falah, Indragiri Hulu, Riau
  • Lu’lu’ul Ulaya STAI Nurul Falah, Indragiri Hulu, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.172

Abstract

Orde Baru menganggap kurikulum sebagai alat yang strategis untuk menciptakan masyarakat yang stabil dan terkontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kurikulum pendidikan di indonesia masa orde baru. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diamana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pada masa Orde Baru, berbagai kurikulum pendidikan yang diterapkan, mulai dari Kurikulum 1968, 1975, 1984, hingga 1994, mencerminkan tujuan pemerintah untuk menciptakan stabilitas nasional dan membentuk karakter bangsa yang sesuai dengan ideologi Pancasila. Kurikulum 1968 dirancang untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dan rasa nasionalisme, sementara Kurikulum 1975 berorientasi pada pendekatan instruksional yang menekankan pencapaian tujuan pendidikan yang spesifik. Perkembangan ini menunjukkan adanya penyesuaian kurikulum yang bertujuan agar pendidikan dapat berkontribusi langsung terhadap pembangunan nasional, dengan mengutamakan disiplin, keseragaman, dan nilai-nilai kebangsaan. Kurikulum 1984 menandai perubahan menuju pendekatan yang lebih aktif melalui "Cara Belajar Siswa Aktif" (CBSA), yang bertujuan mendorong keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar.

References

Astuti, R. (2020). Pendidikan Moral Pancasila di Era Orde Baru: Sebuah Tinjauan Kritis. Jurnal Pendidikan Karakter. 12(2).

Budiardjo, M.(2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Budiman, A.(1999). Masa Orde Baru dan Dampaknya pada Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Darwin, M.(2013). "Trilogi Pembangunan: Sebuah Tinjauan Kritis pada Masa Orde Baru." Jurnal Ekonomi Pembangunan.

Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hartono, S. (2021). Implementasi Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Kurikulum 1984 di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Haryati, L. (2019). Kurikulum 1975 dan Implementasinya dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.

Hikmah, Mariatul. “Makna Kurikulum Dalam Presfektif Pendidikan”, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, Vol.15, No.1, (Mei 2020).

Peter Salim dan Yenny Salim, Kamus Bahasa ndonesia Kontemporer (Jakarta: Modern English Press, 1991).

Putra, R. (2018). Pendekatan Integratif dalam Kurikulum 1994 dan Dampaknya terhadap Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Rahardjo, M. D. (1991). Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Gramedia.

Raharjo, B. (2017). Implementasi Program Wajib Belajar di Indonesia: Studi Kasus Orde Baru. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Suhartono, A. (2018). Kurikulum 1975 dan Pendidikan Berbasis Pembangunan di Masa Orde Baru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3).

Sujadi, W. (2020). Kurikulum 1968: Landasan Ideologi dalam Sistem Pendidikan Orde Baru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(1).

Sukmadinata, N. S. (2009). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slamet, P. H. (2003). Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparno, A. (2019). Pengaruh Kebijakan Orde Baru Terhadap Kebebasan Akademik di Indonesia.

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(4), 123-133.

Suryadi, E. (2019). "Pengaruh Kebijakan Kurikulum Orde Baru Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutanto, D. (2019). Penerapan Kurikulum 1975: Analisis Keberhasilan dan Kelemahan di Lapangan. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Syaharuddin dan Susanto, H. (2019). Sejarah Pendidikan Indonesia: Era Kolonial Nusantara sampai Reformasi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Tilaar, H. A. R. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Kebijakan Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tomagola, T. A.(2005). "Orde Baru sebagai Rezim Otoriter: Kajian terhadap Struktur Kekuasaan." Jurnal Sosiologi Indonesia, 10(2)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Aisyah Rahma Astuti, Arief Satria, & Lu’lu’ul Ulaya. (2024). Analisis Kritis Kurikulum Pendidikan di Indonesia Masa Orde Baru. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 138–148. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.172

Issue

Section

Articles