Peran Strategis Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.171Abstract
Pengelolaan sarana dan prasarana yang efektif merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wakil kepala sekolah memainkan peran penting dalam perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, dan evaluasi sarana prasarana, yang secara langsung berkontribusi pada peningkatan efektivitas pembelajaran. Selain itu, kolaborasi dengan guru dan staf sekolah dalam mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran menjadi kunci keberhasilan pengelolaan tersebut. Kesimpulannya, peran strategis wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana mampu meningkatkan mutu pembelajaran secara signifikan dengan pengelolaan yang terstruktur dan berorientasi pada kebutuhan pendidikan
References
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fajartriani, T., & Karsiwan, W. (2021). Manajemen Pengadaan Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Educatio, 7(1), 162–168. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.907
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. (Muhammad Hasan, Ed.) (1st ed.). Makassar: Tahta Media Group.
Irwan Fathurrochman, Siswanto, Revi Anggraeni, K. S. K. (2021). PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENUNJANG MUTU PEMBELAJARAN. Jurnal Darussalam, XIII(1), 65–75.
Khikmah, N. (2020). Manajemen sarana dan prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 14–21.
Mihmidaty Ya’cub, D. S. G. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah, 2(2), 60–69.
Musthofa, Z. (2016). MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG. Urwatul Wutsqo, 5, 54–71.
Nurrokhma, D. S. (2021). Strategi Observasi Kritis Untuk Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. JELS, 01(31), 27–39.
Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia Cianjur. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579
Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 266–275. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755
Paudi, S., & Suking, A. (2020). Kinerja Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama dilihat dari Tugas Pokok dan Fungsinya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 192–205.
Ramdhiani, R. (2021). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Journal Riset Pendidikan, 1(2), 95–101.
Sinta, I. M. (2019). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA. Jurnal Islamic Education Management, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Suranto, D. I., Annur, S., & Alfiyanto, A. (2022). PENTINGNYA MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(April), 59–66.
Suryana, A. T. (2020). TEORI DAN PRAKTIK MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PESANTREN. Al-Mujaddid, 2(1), 44–59.
Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. Karimah Tauhid, 1, 226–233.
Zhafirah, A. R., & Nurlaeli, A. (2024). Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Atas dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran. Dirasah, 7(2), 846–858.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mufdlilatul Isti'anah, Miftakhul Ilmi Suwignya Putra, Nur Ulwiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.