Perenialisme Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Fadly Hady Lingga Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Liza Ananda Putri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sri Widyahati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.17

Abstract

Perenialisme dianggap relevan dalam pendidikan modern, khususnya dalam membentuk karakter dan moralitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan filsafat pendidikan Islam dengan pendekatan perenialisme yang menekankan nilai-nilai abadi dan kebenaran universal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka, dimana selurug data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa filsafat perenialisme memainkan peran penting dalam pendidikan modern dengan menekankan nilai-nilai abadi dan kebenaran universal yang berguna dalam membentuk karakter peserta didik. Filsafat ini menunjukkan bahwa nilai-nilai dari masa lalu, khususnya dalam konteks pendidikan Islam, masih relevan dan dapat diintegrasikan untuk mengatasi tantangan moral di era sekarang. Perenialisme, dengan pendekatan yang mendasar pada etika dan spiritualitas, membantu pendidikan Islam dalam menanamkan moralitas yang kuat dan mendukung pengembangan individu yang berkarakter baik, serta mampu menemukan arah hidup yang bermakna di tengah tantangan zaman.

References

Abidin Zainal , 2014, Perspektif pendidikan islam terhadap filsafat perenialisme, Jurnal nizham, Vol. 3, No. 02, h. 5-6

Afiyah Istidamah Nailal, 2020, Filsafat Perenialisme dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, Vol. 3, No. 2, h. 54-55

Astuti Binti, 2023, Pendekatan Perenialisme dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.3, No.3, h.418

Astutik Ummi Puji dan Khojir, 2023, Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan dan Konseling,Vol.5, No.1, h. 3248

Jeniati Hezi dan Deriwanto, 2022, Implementasi Aliran Filsafat Perenialisme Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Guru , Vol. 4, No.1, h.

Mappasiara, 2017, filsafat pendidikan islam, Jurnal Filsafat Pendidikan Islam, Vol.VI, No. 2, h. 271

Muammaar M.Arfan , 2014, Perenialisme Pendidikan, Jurnal Nur El-Islam, Vol. 1, No. 2, h. 18

Nursalim Eko, 2021, Aliran perenialisme dan implementasinya dalam pendidikan islam, Cross-border, Vol. 4 No. 2 , h.676

Qamariyah Nurul , 2019, Filsafat pendidikan islam (telaah pemikiran muhammad quraish shihab), Jurnal Al Falah, Vol. XIX, No. 1

Siregar Raja Lottung, 2016, Teori Belajar Perenialisme, Jurnal Al-hikmah, Vol. 13, No. 2, h. 173-174

Ya’kub. dkk, 2023, Filsafat pendidikan dalam perspektif islam, jurnal pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Vol.14 , No. 2, h.166-167

Yasyakur Moch. dkk, 2021, Perenialisme dalam pendidikan islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.10, No.1, h.325-326

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Fadly Hady Lingga, Liza Ananda Putri, Sri Widyahati, & Herlini Puspika Sari. (2024). Perenialisme Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.17

Issue

Section

Articles