Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.162Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan sumber daya manusia berkualitas. Madrasah sebagai institusi pendidikan berbasis agama menghadapi tantangan dalam memenuhi standar mutu, terutama terkait pengelolaan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana yang baik tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga membangun citra positif madrasah di masyarakat. Dengan fasilitas yang memadai dan dikelola secara optimal, madrasah dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih bermakna, efisien, dan sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas secara akademik dan berkarakter spiritual kuat.
References
Amiruddin Siahaan, R. A. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 3(2), 3841-3848.
Arifin, B. &. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arum Sutra Nirwana, M. M. (2023). Peran Guru PAI Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa Di SMPN 2 Mojoagung Jombang. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(1), 96.
Dwi Iwan Suranto, S. A. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 61-62.
Hanun, F. (2016). Membangun Citra Madrasah Melalui Program Kelas Unggulan di MTsN 2 Bandar Lampung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 14(3), 408-412.
Indonesia. (2003). UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Republik Indonesia: Jakarta.
Indonesia. (2022). PP Nomor 4 tahun 2022 tentang perubahan atas PP nomor 57 tahun 2021 tentang standar nasional pendidikan. Pemerintah Republik Indonesia: Jakarta.
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah: Teori dan Praktek . Bandung: Alfabeta.
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Nadia Wirdha Sutisna, A. E. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. Karimah Tauhid, Volume 1, Nomor 2, 229.
Nurbaiti. (2015). Manajemen Sarana Prasarana Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(4), 537.
Rusydi Ananda, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.
Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.
Sinardi Umar, S. S. (2024). Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana dan Prasarana. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 4(1), 18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rafi, Puspa Indah Hayati, Tania Arumsari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.