Analisis Langkah – Langkah Dalam Melaksanakan Inovasi Kurikulum Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.161Abstract
Kurikulum sebagai bahan rujukan dalam proses pembelajaran harus mampu menciptakan dan mengantarkan peserta didik yang diharapkan masyarakat berdasarkan kebutuhan zamannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan langkah-langkah dalam melaksanakan inovasi kurikulum pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan pembaharuan kurikulum maka harus melaksanakan penguraian kurikulum apa yang sedang di kembangkan dan apa saja yang perlu di kurangkan. Pada saat ini pengembangan kurikulum merdeka di madrasah maka identifikasi tidak terlepas dari kerangka ini. Pengembangan Kurikulum Merdeka di madrasah merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berorientasi pada karakter dan kompetensi peserta didik. Identifikasi dalam konteks ini tidak terlepas dari kerangka yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta Kementerian Agama. Kerangka Umum Kurikulum Merdeka (Fleksibilitas dan Kreativitas, Penguatan Karakter, Integrasi Materi) dan Implementasi Kurikulum di Madrasah (Standar Kelulusan dan Isi, Pembelajaran Berbasis Proyek, Monitoring dan Evaluasi. Pengembangan Kurikulum Merdeka di madrasah tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga untuk membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
References
Armeth Daud Al Kahar, A., & Anjani Putri, R. (2023). Project Base Learning dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 199–210.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.
Haryati, S., & SD, S. P. (2022). Buku Dalam Bidang Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, I. P., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2235-2240.
Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).
Marhamah, M., & Zikriati, Z. (2024). Mengenal Kebutuhan Peserta Didik Diera Kurikulum Merdeka. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 89-106.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 13(1).
Rasyidi, M. (2019). Inovasi Kurikulum Di Madrasah Aliyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 33-50.
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 146-151.
Suyana, N., Jupriadi, J., & Marhamah, M. (2024). Sistem Pendidikan Nasional: Akses, Equity, Financing, Monitoring Dan Evaluasi Tinjaun Kajian Literasi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 89-97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Ambarwati, Ferdy Al-Fikri, Nurul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.