Telaah Kritis Ide-Ide Baru Dalam Pembaharuan Kurikulum Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.160Abstract
Kurikulum yang berubah menciptakan kesulitan baru bagi guru karena harus menyesuaikan kembali dengan perubahan, maka kesiapan guru dapat menjadi faktor kunci keberhasilan dalam implementasi perubahan kurikulum di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan ide-ide baru dalam pembaharuan kurikulum pendidikan. Pada penelitian ini di gunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar 028 Air Molek. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembaruan kurikulum bertujuan untuk meningkatkan kulitas pembelajaran dengan fokus kepada pengembangan kopetensi siswa, penguatan karakter, dan adaptasi terhadap tantangan global. Pendekatan berbasis kopentensi memungkinkan siswa mengembangkan keterampilan praktis, pemecahan masalah, dan kreativitas yang relevan dengan dunia nyata. Selain itu, pendidikan karakter menjadi prioritas penting, dengan peneanan pada nilai nilai sepeerti kejujuran, tanggung jawab, dan empati, untuk membentuk siswa yang cerdas dan berbudi pekerti luhur.kurikulum yang fleksibel juga memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasikan minat dan bakat mereka, serta mendorong guru menjadi lebih kreatif dalam mengajar, sehingga memastikan pembelajaran yang relefan dan rensponsif terhadap perkembangan zaman.
References
Amin, M., & Rahmawati, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 5(12), 5278-5281.
Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.
Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.
Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.
Hidayati, N., & Purnamasari, R. (2021). Model Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Kompetensi, 15(4), 452-465.
Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.
Khan, M. (2023). Inovasi Kurikulum dalam Pendidikan Karakter. Educational Innovations Journal, 10(2), 201-215.
Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.
Erianta, Dandi , and Achmad Afandi. "Survey Minat Siswa Pada Ektrakulikuler Sepak Bola Di SMA." Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2024.
Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.
Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.
Hafid, Rizki Adiyatna , Andrie Chaerul, and Citra Resita. "Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan." SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 2021.
Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.
MahPutra, Anang , and Hari Wisnu. "Identifikasi Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Di Sman 11 Surabaya." Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , 2019: 75-78.
Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.
Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.
Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.
Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.
Suhartono, D. (2020). Inovasi Kurikulum Pendidikan Dasar di Era Revolusi Industri. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 100-115.
Rahmawati, A., Amin, N. S., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Pasca Pandemi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5278-5281.
Izach, S. K., Rochmadi, N. W., & Suhartono, E. Development of a Pocketbook for the Prevention of Bullying in School. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1529-1544.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lisa Putri Agustin, Nanda Wijaya, Yetti Hari Yanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.