Telaah Pemikiran Pendidikan Karakter K.H Abdul Wachid Hasyim Dan Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.156Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter di Indonesia dalam perspektif Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemikiran pendidikan karakter KH.Abdul Wachid Hasyim dan relevansinya dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research) dengan menjadikan perjalanan hidup K.H Abdul Wahid Hasyim dan beberapa karya tulisnya sebagai objek penelitian, teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, jurnal dan artikel yang ada, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan karakter K.H Abdul Wahid Hasyim selaras dengan tujuan pendidikan karakter nasional yang berada pada Kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka terdapat satu projek penguatan pancasila bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik, sehingga peserta didik mampu melakukan proses pembelajaran pada umumnya serta tertanam nilai keislaman dan nilai leluhur pancasila. Dengan demikian penelitian ini sangatlah penting karena nilai karakter yang tertanam dalam diri K.H Abdul Wahid Hasyim sangat berrelevansi dengan Kurikulum Merdeka yang digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat menanamkan karakter melalui perkembangan proses pembelajaran itu berlangsung.
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. 5th Ed. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. 1st Ed. Yogyakarta: Laksana.
Hambali, Bambang Q- Aneess Dan Adang. 2009. Pendidikan Karakter Bebasis Al-Qur’an. 1st Ed. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Haris, Abdul. 2024a. Sejarah Perjuangan Umat Islam Indonesia. Edited By Asri Salimah. 1st Ed. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
———. 2024b. Sejarah Perjuangan Umat Islam Indonesia. Edited By Asri Salimah. 1st Ed. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Hasyim, KH Abdul Wahid. 2011. Sejarah Pemikiran Dan Baktinya Bagi Agama Dan Bangsa,. Edited By Shofiyullah Mz. 1st Ed. Yogyakarta: Pesantren Tebuireng.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, And Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1). Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3622.
Juliani, Asarina Jehan, And Adolf Bastian. 2021. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila | Juliani | Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.” Prosiding Seminar Nasional ….
Kahfi, Ashabul. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School.” Dirasah Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar.
Kemendikbud. 2022. Peraturan Pemerintah Tentang Dimensi, Elemen, Dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek BSKAP RI.
Kurniawaty, Julia Bea, And Santyo Widayatmo. 2021. “Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Jagaddhita: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan 1 (1). Https://Doi.Org/10.30998/Jagaddhita.V1i1.807.
Kusuma, Tesya Cahyani. 2023. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lembaga PAUD.” Jurnal Usia Dini 9 (2). Https://Doi.Org/10.24114/Jud.V9i2.52443.
Mustaghfiroh, Siti. 2020. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3 (1). Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.3.1.2020.248.
Nafrin, Irinna Aulia, And Hudaidah Hudaidah. 2021. “Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3 (2). Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.324.
Nurul Mahruzah Yulia, Suttrisno, Zumrotus Sa’diyah, And Durrotun Ni’mah. 2023. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10 (2). Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V10i2.1204.
Pratiwi, Wiwik, Sholeh Hidayat, And Suherman. 2023. “Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 10 (1): 80–90.
Puspitasari, Nindia. 2017. “Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Studi Pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim).” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 1 (01). Https://Doi.Org/10.24127/Att.V1i01.338.
Rahmadayanti, Dewi, And Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (4). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3431.
Rifa’I, Muhammad. 2009. Wahid Hasyim Biografi Singkat 1914-1953. 1st Ed. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
S. A. P., Rangga Sa’adillah. 2015. “Pendidikan Karakter Menurut Kh. Wahid Hasyim.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies) 3 (2). Https://Doi.Org/10.15642/Pai.2015.3.2.276-303.
S.Pd., Dewi Umi Qulsum. 2022. “Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21.” Jurnal Ketahanan Nasional 28 (3). Https://Doi.Org/10.22146/Jkn.71741.
Sabil, Muhammad Arqam, Syifa Shafira, And Sholeh Hidayat. 2024. “Filsafat Pendidikan Pancasila: Membangun Karakter Unggul Di Sekolah Dasar.” Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 5 (1). Https://Doi.Org/10.55681/Nusra.V5i1.2040.
Satriyo Wibowo, Agus Sudarsono, Sudrajat,. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 2 Klaten Dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta.” Jipsindo 3 (1). Https://Doi.Org/10.21831/Jipsindo.V3i1.9663.
Suryaningsih, Marlina Rizky, And Anatri Desstya. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 9 (1). Https://Doi.Org/10.31602/Muallimuna.V9i1.10961.
Yanti, Adetia, And Reno Fernandes. 2021. “Adaptasi Guru Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang).” Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan 4 (3).
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. 1st Ed. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lutfina Aribah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.