Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Ulumul Quran Kepada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.15Abstract
Pemahaman Ulumul Quran merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Guru memiliki peran penting dalam menanamkan pemahaman Ulumul Quran pada siswa agar mampu memahami isi, konteks, dan makna Al-Quran secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan pemahaman Ulumul Quran kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru mencakup aspek sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator dalam pembelajaran Ulumul Quran. Dengan pendekatan yang tepat, pemahaman siswa terhadap Ulumul Quran dapat meningkat secara signifikan, yang pada akhirnya akan memperkuat keimanan dan ketakwaan mereka. Kesimpulan peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan pemahaman Ulumul Quran sangat penting dalam membentuk karakter dan pemahaman keislaman siswa
References
Abdul, W. (2022). Eksistensi dan Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Kolonial Belanda. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 4613.
Fitriani, Hasan, B., & Ujang, D. (2023). Tanggung Jawab Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045. Journal Education and Development, 11(2), 155.
Gusti, I., & Murniyetti. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Sma Negeri 6 Kota Padang. ARZUSIN : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar, 3(5), 629–645.
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100.
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Nurhidin, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca QuranSiswa Sekolah Menengah Atas. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 1–11.
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.
Rawiah, Husaini, A., & Mahdalena. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 3 Meurah Mulia. Journal of Contemporary Indonesian Islam, 1(1), 1–20.
Sariana, Rizal, R., & Ahsan Taqwim. (2024). Peran Guru Agama Islam Dalam Meningkatkankemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Iiisd Muhammadiyah Maros Kecamatan Turikalekabupaten Maros. Al-Manar : Pengkajian Pendidikan, Hukum Dan Kemasyakatan, 1(1), 131–137.
Sukmawati, & Akbar, K. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik. Al-Ilmi Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 136–146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kamarul Zaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.