Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengembangan Modul Ajar Digital Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.146Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi dalam membantu pengembangan modul ajar digital pada kurikulum. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam era pendidikan modern, pemanfaatan teknologi, khususnya E-modul, memainkan peran krusial dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan adanya kemajuan teknologi, pendidikan tidak lagi bergantung pada metode tradisional, melainkan bertransformasi menjadi lebih interaktif dan dinamis. E-modul, sebagai inovasi dalam pembelajaran, memberikan berbagai manfaat, seperti meningkatkan motivasi siswa, mempermudah evaluasi, dan menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik. Kurikulum Merdeka, yang menekankan kreativitas dan interaktivitas, sejalan dengan pengembangan E-modul yang dirancang untuk mendukung proses belajar yang lebih fleksibel dan mandiri. E-modul memungkinkan siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja, serta mengintegrasikan berbagai media, seperti animasi dan video, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik
References
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Farahin Rachman Laraphaty, N., Riswanda, J., Putri Anggun, D., Engga Maretha, D., & Ulfa, K. (2021). Review: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL). Inovasi Dan Tantangan Pembelajaran Serta Riset Biologi Berbasis Islami Di Era Pandemi, 145–156.
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Jogiyanto. (2023). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Yogyakarta: BPFE-UGM. SSRN Electronic Journal, 8(1), 113–124.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Nurillahwaty, E. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.
Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13
R.Roro Rastrani Rahada Putri, Kaspul, K., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.46
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.
Rananda, A. (n.d.). Education Journal : Journal Education Research and Development. 333–342.
Resti Febrianti, Astri Sutisnawati, & Arsyi Rizqia Amalia. (2023). Pengembangan modul ajar berbasis digital dalam pembelajaran pendidikan Pancasila. Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 6199–6212.
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Sarnoto, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika, I. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2915
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Wahyuni, S., Wulandari, E. U. P., Rusdianto, Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengembangan Mobile Learning Module Berbasis Android Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 125–134. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.266
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sofietaria, Nor Azmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.