Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Seorang Muslim

Authors

  • Andhieni Zahwa Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Fadhilah Artanti Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Fitriyah Handayani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Kanisa Dewi Suci Lestari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Hisny Fajrussalam Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.143

Abstract

Pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam membentuk aqidah atau keyakinan dan pola pikir serta karakter seorang individu yang mempraktikkan islam. Penelitian ini berfokus kepada pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam terhadap pembentukan karakter seorang muslim serta bertujuan mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data numerik berupa hasil kuesioner yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik guna menggambarkan fenomena yang sedang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online melalui Google form. Pada data penelitian ini peneliti ingin melihat keefektivitasan pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter seorang muslim, maka untuk uji selanjutnya yang digunakan oleh peneliti adalah uji nonparametric correlations. Berdasarkan output data terdapat korelasi positif yang sangat kuat dan signifikan secara statistik antara variabel P (x) dan variabel pembentukan karakter (y). Nilai koefisien korelasi mendekati dan nilai p-value jauh lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 dapat diterima, karena semakin tinggi nilai PAI seseorang maka semakin tinggi pula nilai pembentukan karakter atau kepribadian orang tersebut. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam dapat mempengaruhi karakter seseorang dalam menerapkan perilakunya sehari-hari

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Adha, H. N., & Wantini, W. (2024). Revitalisasi Adversity Quotient Berbasis Pendidikan Nilai Karakter dalam Pendidikan Islam. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 1032-1041.

Dalimunthe, R. P. (2021). Authenticity of the faizah.

Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1996.

Harini, S., & Al-Halwani, A. F. (2003). Mendidik Anak Sejak Dini. Kreasi Anak.

Hasnawati. (2024). Dasar-Dasar Aqidah dan Akhlak dalam Islam. Jurnal Pendais, 6(1), 71-85. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs

Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas program tahfidz Al-Quran dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 47-54.

Lubis, N. B. (2024). Kendala dan Solusi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Khidmat, 2(1), 195-199.

Mukhlis, M., Rasyidi, A., & Husna, H. (2024). Tujuan Pendidikan Islam: Dunia, Akhirat Dan Pembentukan Karakter Muslim Dalam Membentuk Individu Yang Berakhlak Dan Berkontribusi Positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1-20.

Nahdliyah, K. A., & Naelasari, D. (2024). Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam Dan Siswa Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 116-125.

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, lilliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis. Jurnal Biometrika dan kependudukan, 3(2), 127-135.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Puspitasari, N., & Yusuf, R. (2022). Peran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter religius peserta didik. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57-68.

Rifai, A. (2018). Pendidikan karakter dan pendidikan akhlak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49-58.

Sulthani, D. A., & Mukhlishin. (2023). Dynamics of sharia implementation in England. KORDINAT, 22(1), 41-52. ISSN 1411-6154 | EISSN 2654-8038. DOI:http://dx.doi.org/10.24014/jhi.v1i23.21032

Syukur, T. A. (2010). Pengantar Studi Islam. Penerbit Karya Bakti Makmur (Kbm) Indonesia.

Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahid, A. (2015). Konsep dan tujuan pendidikan islam. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(1).

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Azzahra, A. Z., Fadhilah Artanti, Fitriyah Handayani, Kanisa Dewi Suci Lestari, Hafiziani Eka Putri, & Hisny Fajrussalam. (2024). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Seorang Muslim. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 166–174. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.143

Issue

Section

Articles