Penerapan Eduksi Dalam Pembelajaran Logika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa

Authors

  • Anis Nirmala Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau
  • Yuniy Sarah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.14

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan esensial dalam dunia pendidikan, terutama dalam memahami dan menganalisis informasi secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan eduksi dalam pembelajaran logika dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini mengungkapkan Eduksi merupakan proses penalaran yang menarik kesimpulan dari suatu proposisi dengan mengubah bentuknya tanpa menghilangkan maknanya. Meskipun bermanfaat, penerapan eduksi menghadapi beberapa tantangan, seperti kesulitan adaptasi siswa, kurangnya sumber daya pembelajaran, serta kebutuhan akan pelatihan tambahan bagi guru. Solusi yang disarankan meliputi pelatihan bagi pendidik, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta pendekatan bertahap untuk membantu siswa beradaptasi dengan metode ini. Dengan demikian, eduksi terbukti sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, sehingga mereka dapat lebih baik dalam menyaring, menganalisis, serta menyusun argumen secara logis di berbagai aspek kehidupan

References

Arifin, Z. (2018). Pendidikan Logika dan Berpikir Kritis di Era Digital. Jakarta: PT Gramedia.

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Hidayati, N., & Purnamasari, R. (2021). Model Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Kompetensi, 15(4), 452-465.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Wibowo, A. (2020). Metode Pengajaran Logika: Pendekatan Berbasis Eduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jurnal Pendidikan Logika Indonesia. (2021). Implementasi Eduksi dalam Pengajaran Logika di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan, 25(3), 45-60.

Susanto, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Eduksi terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 120-135.

Mike Tumanggor, Berfikir Kritis (Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21) 1st edn (Ponorogo: Gracias Logis Kreatif, 2021).

Kasdin Sitohang, Berfikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital, 1st edn (Yogyakarta: PT. Kanisius, 2019). hal 39

Lismaya, Lilis, Berfikir Kritis Dan PBL, ed. by Nurul Azizah (Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019).

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Anis Nirmala, Yuniy Sarah, & Deassy Arestya Saksitha. (2025). Penerapan Eduksi Dalam Pembelajaran Logika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.14

Issue

Section

Articles