Peningkatan Kompetensi Dan Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.135Abstract
Pelatihan merupakan strategi utama dalam pengembangan kompetensi dan kinerja pendidikan dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan kompetensi dan kinerja pendidikan dan tenaga kependidikan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian kami adalah Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat komponen analisa data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelatihan menjadi salah satu strategi utama yang penting untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan. Meskipun pelatihan sudah cukup optimal, perlu adanya peningkatan untuk mendorong kreativitas dan komitmen dalam menjalankan tugas. Pengembangan tenaga kependidikan juga menghadapi berbagai tantangan kompleks yang memerlukan pengelolaan yang berkualitas. Di SMP 06 Diponegoro, terdapat upaya sistematis untuk meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi melalui evaluasi berkala dan pemberian rewards atau punishment. Selain itu, sertifikasi guru berperan penting dalam memastikan profesionalitas pendidik, dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam aspek administratif, akademis, dan kepribadian. Strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja pendidik mencakup pengembangan kompetensi melalui pelatihan, motivasi dan apresiasi, evaluasi kinerja objektif, pemanfaatan teknologi, dan partisipasi dalam pengambilan keputusan.
References
Sekretariat Negara Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.74 Tahun 2008 tentang guru
Ab Masrisyah1, Firman2, R. Pemikiran KI Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan.2019, (3), 2-3
Tolhah, M. Hasan. Islam dalam Perspektif Sosial Budaya, (Jakarta: Galasa Nusantara, 1987), 16-17
Fatmawada. Pengembangan Kompetensi tenaga Kependidikan di Universitas Negeri Makasar. Jurnal Office 2016, 2(2),109–114
Harun, A. Pengembangan Tenaga Kependidikan. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2013, 13(2),167–176
Webiatama, D. F., Nurdin A. S. M., Windasari, Cindy, H. A., “Upaya Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan melalui Pelatihan dan Pengembangan di SMA Negeri 13 Surabaya”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No.1, 2024,177
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem PAK, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Ahmad Royani1, Abd. Hamid2, Mohamad Ahyar Ma’arif3, “Problematika dan Kebijakan Pendidikan Islam: Sebuah Telaah Kritis”, Fenomena, Vol.18, No.1, 2019,108
Syamsudin, Abin. Pengembangan Profesi dan Kinerja Tenaga Kependidikan, (Bandung: PPS Universitas Pendidikan Indonesia, 1999)
Mucklas, Samani dkk. Mengenai Sertifikasi Guru di Indonesia (Surabaya: SIC, 2006)
Tsauri, Sofyan. “Manajemen Sumber Daya Manusia”, (Jember: Stain Jember, 2013)
Permendiknas 2007 No 18 tahun 2007 Pasal 2
Slameto, dkk., “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya”, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27, No.2, Desember 2017
Amirullah,S.E., M.M., Manajemen Strategi teori-konsep-kinerja (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015),208-209
Fauzi, Imron. Etika Profesi Keguruan (Jember: IAIN Jember Press,2019)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Fidayatullah, Lailia Raikhatul Jannah, Linda Yuli Agustin, Zukhruf La’ali Masunah, Rofiq Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.