Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Pencegahan Bullying di MTsN 3 Jombang Kelas VIII M

Authors

  • Levi Iswahyudi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Sulton Agung MTsN 3 Jombang
  • Pipit Ertika Daristin Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.13

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak yang merupakan bagian dari kurikulum sekolah Islam berfokus pada pengembangan karakter Islami siswa melalui penanaman nilai-nilai empati, rasa hormat, dan pengendalian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap pencegahan perilaku bullying di kalangan siswa kelas VIII M di MTsN 3 Jombang. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, dan kuesioner yang dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak berkontribusi signifikan dalam membentuk sikap positif siswa, yang tampak dari peningkatan kesadaran mereka untuk saling menghargai dan menghindari perilaku negatif seperti bullying. Selain itu, pengamalan nilai-nilai akhlak dalam aktivitas sehari-hari siswa juga berdampak positif terhadap suasana kelas, menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan kondusif bagi proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peran penting dalam upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah.

References

Al-Ghazali, Imam. Ihya Ulumuddin. Terjemahan oleh Abdul Munir. Pustaka Amani, 2010.

Kurniawan, R. (2019). Pendidikan Akhlak untuk Membentuk Karakter Anak di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Mohamad, J., & Mamlu’atul, L. I. (2024). Pengembangan Dan Perekrutan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 16–21.

Muhasor, Ilzamudin, & Deni, I. (2024). Telaah Kritis Metode-Metode Dalam Penelitian Ilmiah. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–28.

Nor, H., Chairunnisa, N. A., & Eka, W. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 29–39.

Rachma, A., & Siti, M. (2024). Adab Dalam Belajar Dan Pembelajaran; Strategi Untuk Meningkatkan Kesadaran Dan Keterampilan Siswa. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15.

Septi, M., & Kholis, F. (2024). Implementasi Jum’at Rohani Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Miri Sragen. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.

Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Blackwell Publishing.

Rest, J. R. (1986). Moral Development: Advances in Research and Theory. New York: Praeger.

Supriyadi, R., & Setyawan, D. (2018). Teori dan Praktik Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, A. (2016). Psikologi Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. (2019). "Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Siswa." Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 112-120.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Levi Iswahyudi, Sulton Agung, & Pipit Ertika Daristin. (2025). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Pencegahan Bullying di MTsN 3 Jombang Kelas VIII M. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.13

Issue

Section

Articles