Pandangan Filsafat Islam Tentang Pengetahuan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.129Abstract
Pandangan Filosofis Islam tentang Pengetahuan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan filsafat Islam mengenai pengetahuan dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Masalahnya termasuk bagaimana perspektif filosofis Islam mendefinisikan pengetahuan dan bagaimana hal ini dapat diterapkan dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus pada penelitian kepustakaan. Pendekatan ini memungkinkan pengumpulan informasi melalui analisis dan ringkasan teks yang relevan dengan konsep filsafat pendidikan Islam dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Sumber data yang digunakan meliputi buku, jurnal, dan materi relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat Islam memandang pengetahuan sebagai bentuk cahaya yang menghubungkan manusia dengan kebenaran ilahi. Pengetahuan dalam konteks ini tidak hanya teoritis, tetapi juga praktis dan etis. Implikasi bagi pendidikan Islam antara lain pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam kurikulum serta mengembangkan karakter siswa yang berorientasi pada kebijaksanaan. Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam yang lebih holistik dan berlandaskan prinsip-prinsip filsafat Islam.
References
Efrita Roni, dkk. (2024). Tantangan Pendidikan Masa Kini dalam Perspektif Islam di Era Globalisasi. jurnal pendidikan tambusai.
Hidayatulloh. (2016). realisasi ilmu pengetahuan. proceeding of ICECRS.
Indrioko, E. (2020). sumber-sumber ilmu pengetahuan dalam manajemen pendidikan islam. jurnal manajemen pendidikan dan keislaman.
Iswati. (2017). upaya islamisasi ilmu pengetahuan dan implikasinya terhadap pendidikan islam. At-Tajdid.
Mardinal tarigan, dkk. (2023). ruang lingkup filsafat pendidikan islam. jurnal pendidikan tambusai.
Mujib, A. (2019). hakekat ilmu pengetahuan dalam perspektif islam. ri'ayah.
Raudatus Syaada, d. (2021). pendidikan formal, pendidikan non formal, dan pendidikan informal. jurnal pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
Sudrajat, A. dkk. (2023). sumber filsafat islam: wahyu, akal, dan indera. jurnal tinta.
Ya'kub, d. (2023). filsafat pendidikan dalam perspektif Islam. journal pilar: jurnal kajian islam kontemporer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Linda Astria, Putri Nabilah, Salsabila Afifah Riswana, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.