Analisis Tujuan Pembelajaran Menurut Ade Darman Regina
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.121Abstract
Analisis tujuan pembelajaran merupakan hal yang paling penting dilakukan untuk memotivasi agar kegiatan pembelajaran ini menjadi bagian terpenting dari kehidupan mereka, sehingga pengalaman pembelajaran yang diperoleh lebih bermakna, oleh karena itu, dalam hal ini tujuan pembelajaran perlu dilakukan baik secara kelompok maupun individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tujuan pembelajaran menurut ade darman regina. Metode penelitian ini berbasis pada kajian kepustakaan (literatur review), dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmaih, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tujuan pembelajaran adalah pernyataan mengenai perubahan perilaku atau kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti suatu proses pembelajaran. Dengan penjelasan tujuan pembelajaran maka hal ini juga bertujuan pembelajaran dapat dirumuskan berdasarkan standar kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
References
Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). URGENSI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. MADRASAH, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Bloom, B.S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals
Herawati Daulae, T. (2019). LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENUJU PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. FORUM PAEDAGOGIK, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778
Harun, H. (2022). Pembelajaran Hybrid dan Tantangannya. Yogyakarta: Andi
Rustandi, R. (2021). Teknologi dan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Jaya
Regina, A. D. (2018). Pedagogi dan Analisis Tujuan Pembelajaran: Pendekatan Konstruktivisme
Santoso, D. (2020). Penerapan SMART Goals dalam Penyusunan Tujuan Pembelajaran Efektif
Suhana, S. (2020). Perencanaan Pembelajaran Efektif. Jakarta: PT Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yasukma Amanda, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.