Efektivitas Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Yeni Nur Asyifah Universitas Riau Pekanbaru
  • Rosni Suryaningsih Universitas Riau Pekanbaru
  • Nova Nurman Universitas Riau Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.107

Abstract

Supervisi klinis merupakan salah satu metode pengawasan yang berfokus pada pengembangan profesionalisme guru melalui observasi langsung dan umpan balik konstruktif. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi efektivitas supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. Studi ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi pada sejumlah guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis secara konsisten mampu memberikan umpan balik yang konstrukti, menjadi langkah awal guru dalam merefleksi diri, memberikan dampak emosional sebagai dukungan guru untuk lebih meningkatkan pedagogik diri, dan membantu mengembalikan kepercayaan diri guru terutama dalam hal perencanaan pembelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa. Selain itu, supervisi klinis berperan penting dalam membangun budaya kolaboratif di sekolah, di mana guru lebih terbuka terhadap masukan dan inovasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, supervisi klinis dapat dianggap sebagai instrumen penting dalam pengembangan profesional guru dan peningkatan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar

References

Ajjawi, R., & Boud, D. (2018). Examining the nature and effects of feedback dialogue. Assessment and Evaluation in Higher Education, 43 (7), 1106–1119. https://doi.org/10.1080/02602938.2018.1434128

Azis, Rosmiaty. (2016). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: SIBUKU

Damayanti, Y. H., Sokhivah, S., & Hamid, A. (2022). Supervisi Suportif Dalam Meningkatkan Kemampuan Manajemen Stres Pada Karyawan Bpjs Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Khidmat Sosial: Journal of Social Work and Social Services, 3(1), 41-49.

Fatimah, U. & Soemantri, M. (2021). Implementation of Clinical Supervision to Improve Teacher Professionalism: A Literature Review. Journal of Education and Learning, 15(3), 231-239.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.

Karmila, N. & Suchyadi, Y. (2020). Supervisi Pendidikan di Sekolah Alam Bogor. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Kalalo, R. R. & Merentek, T. C. (2023). Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Rhapsodi: Jurnal Studi Multidisiplin, 1(2), 64–74.

Marlina, L. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 233-240.

Muslimin, I. (2023). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan Model, Pendekatan dan Teknik Supervisi Pendidikan di Era Society 5.0. Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 33-49.

Nasution, Inom. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya.

Ranjawali, R.M., Iriani, A., Wasitohadi. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Standar Proses Dikalangan Guru-Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pandawai. Journal Manajemen Pendidikan, 14(1), 52-59. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8081

Safrizal, S., Chamidi, A., & Al-Jihad, F. (2023). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 10(1), 93-107. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v10i1.1140

Sastraatmadja, A. H. M., Nawawi, A., & Rivana, A. (2024). Supervisi pendidikan Islam: Konsep dasar dan implementasi nilai-nilai Islami. Penerbit Widina.

Sari, A. M. (2022). Evaluasi Supervisi Pendidikan di Sekolah Dasar: Tantangan dan Solusi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 45-60.

Shandi, S.A. (2023) Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2209

Suryana, N., & Rahmat Fadhli, E. M. (2022). Manajemen Pengelolaan Kelas. Indonesia Emas Group.

Susanto, D., Ardiansyah, S. P., Pd, M. S., Kom, M., Hasibuan, M. P. H., Sos, S., ... & Warahmah, M. (2023). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Islam. PT Salim Media Indonesia.

Susilo, H. (2022). Lesson Study Berbasis Sekolah:(Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif). Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wahyudin, Agus. (2021). Penerapan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalitas Guru.Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 22(1), 27-43. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v22i1.2915

Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444-451.

Whitaker, B. G., & Levy, P. (2012). Linking Feedback Quality and Goal Orientation to Feedback Seeking and Job Performance. Human Performance,25 (2), 159–178 https://doi.org/10.1080/08959285.2012.658927

Zulfa, Umi. (2020). Supervisi Pendidikan di Indonesia. Cetakan kedua. Cilacap: Ihya Media.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Yeni Nur Asyifah, Rosni Suryaningsih, & Nova Nurman. (2024). Efektivitas Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.107

Issue

Section

Articles