Meneropong Santri Dalam Menjadi Tugas Pencari Ilmu Sebagai Sahadah Santri di Pondok Pesantren

Authors

  • Muhammad Rozekul Amin Universitas Al-Qolam Malang
  • M. Husni Universitas Al-Qolam Malang
  • Hasan Syahrizal Institut Agama Islam Ar-Risalah Inhil, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran sahadah santri dalam pencarian ilmu dan kontribusinya terhadap kehidupan sosial di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 01. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan untuk menggali pemahaman, praktik, dan dampak sahadah santri terhadap pembentukan karakter dan peran mereka dalam masyarakat. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan santri, ustadz, dan pengurus pesantren, serta observasi partisipatif di lingkungan pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sahadah santri bukan hanya ikrar untuk menuntut ilmu agama, tetapi juga mencakup tanggung jawab untuk mempelajari dan mengamalkan ilmu umum yang bermanfaat bagi masyarakat. Sahadah ini mendorong santri untuk terus mengembangkan diri dan berkontribusi dalam kegiatan sosial, pendidikan, dan ekonomi di masyarakat sekitar pesantren. Penelitian ini juga menemukan bahwa sahadah santri berperan penting dalam membentuk karakter pribadi yang bijaksana, toleran, dan bertanggung jawab sosial. Secara keseluruhan, sahadah santri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 01 menjadi landasan yang kuat untuk mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki integritas dan komitmen terhadap kemajuan umat dan bangsa.

References

Anwar, M. (2018). Ilmu dan Keilmuan dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: LKiS.

Arifin, H. (2019). Pendidikan Pesantren dalam Konteks Modernisasi. Jurnal Pendidikan, 9(2), 78-92.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Fadilah, R. (2020). Menjaga Integritas Ilmu di Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(3), 238-252.

Hamid, D. (2021). Peran Pesantren dalam Pembangunan Masyarakat Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Hasan, A. (2017). Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren: Konsep, Sejarah, dan Tantangan Zaman. Bandung: Alfabeta.

Kholil, H. (2019). Santri dan Perubahan Sosial: Peran Pesantren dalam Membangun Masyarakat Indonesia. Surabaya: Pustaka Pesantren.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Muhaimin, M. (2020). Pendidikan Pesantren di Indonesia: Antara Tradisi dan Modernisasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rahman, R. (2020). Transformasi Pendidikan Pesantren dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Malang: UMM Press.

Sulaiman, F. (2022). Santri sebagai Agen Perubahan dalam Masyarakat. Bandung: Mizan.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Zain, M. (2021). Budaya Ilmu dalam Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan.

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

Muhammad Rozekul Amin, M. Husni, & Hasan Syahrizal. (2025). Meneropong Santri Dalam Menjadi Tugas Pencari Ilmu Sebagai Sahadah Santri di Pondok Pesantren. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(2), 63–71. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.1

Issue

Section

Articles