Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi

Authors

  • Nurhalimah Sulaiman Daeng UIN K.H.Abdurrahman Wahid

Abstract

Saat ini dunia memasuki era globalisasi yang menjadi tantangan terbesar semua lapisan masyarakat yang salah satunya adalah santri pondok pesantren. Banyak sekali dampak dari globalisasi yang telah tampak. Untuk itu diperlukan persiapan-persiapan untuk menghadapi tantangan globalisasi agar tidak menjadi korban. Oleh karena itu, santri membutuhkan strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan globalisasi. Berikut adalah strategi santri pondok pesantren Bustanul mansuriyah dalam menghadapi tantangan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi santri dalam mengahadapi tantangan globalisasi yang dilakuakn di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah Kejen Pekalongan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model study kasus yang analisisnya berdasarkan pada data dan fakta yang ditemukan dilapangan. Dari hasil kajian dan penelitian yang dilakukan, ada tiga strategi yang dilakukan olehsantri pondok pesantren bustanul Mansuriyah kejan Pekalongan. Tiga strategi tersebut adalah memilih filter yang kuat dalam menghadapi informasi dan budaya luar, berpikir kritis, dan terkahir adalah berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama dalam mengambil keputusan.

References

Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.

Ali, Kemas. M., Imtihanah. A.,. (2017). Penerapan Pola Asuh Terhadap Santri di Pondok Pesantren Al Amalul Khair Palembang Abstrak. Jurnal Tadrib Raden Fatah. 3.

Almayani, S., & Amrulloh, Z. (2022). Strategi Pondok Pesantren As-Salam Turide Kota Mataram Dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat Di Bidang Keagamaan. Sosio Edukasi Jurnal Studi Masyarakat Dan Pendidikan, 5(2), 80–86.

Arifin. Muhammad. (2002). Kapita Selekta Pendidikan islam. Jakarta: Erlangga

Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.

Fitriyani. D.E., Mansur.A., Syarnubi. (2020). Model Pembelajaran Pesantren Dalam Membina Moralitas santri di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin. Jurnal PAI Raden Fatah. 2 (1).

Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.

Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.

Izzah, Latifatul. (2015). Penguatan Keislaman Dalam Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (2)

Iskandar, K. (2023). Lembaga Pendidikan Pesantren Di Tengah Arus Perubahan Global. Journal Of Education And Religious Studies, 3(01), 18–24. Https://Doi.Org/10.57060/Jers.V3i01.73

Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.

Kisyanto, E. (2023). Model Dan Strategi Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Parengan Tuban Dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 10, 01–28. Https://Doi.Org/10.32678/Saintifikaislamica.V10i1.8133

Kurniawaty. I., Hadina. A.V., Faiz. A. (2022). Membangun Nalar Kritis di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan

Makmun, H. A. R. (2016). Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern Di Kabupaten Ponorogo. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 211. 10.21154/Cendekia.V12i2.226

Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.

Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.

Rianingsih. S., Hairiyah. (2020). Strategi Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo Magelang). Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam. 3 (2).

Ruslan & Maftuhah Imam. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Eksistensi Pesantren. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(1), 137–152. Https://Doi.Org/10.52185/Kariman.V10i1.196

Silitonga, T. L. (2020). Tantangan globalisasi, peran negara, dan implikasinya terhadap aktualisasi nilai-nilai ideologi negara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 17 (1).

Sugiarti, D. Y. (T.T.). Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Dalam Membangun Peradaban Muslim Di Indonesia. 3

Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.

Tanuredjo, B. (2010). Globalisasi: Tantangan dan Peluang bagi Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.

Wulandari. A., Hasyim. U.F., Hayati. R.M., (2024). Strategi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raman Utara, Lampung Timur dalam Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Berkala Ilmiah Pendidikan. 2 (2)

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Nurhalimah Sulaiman Daeng. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 23–29. Retrieved from http://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/qazi/article/view/5

Issue

Section

Articles