Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang
Abstract
Implementasi adalah penerapan atau pelaksanaan pada suatu aktivitas untuk memperoleh tujuan tertentu. Pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan sebuah pembelejaran yang dilakukan oleh pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dengan mencetak peserta didik menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka di SMPN 1 peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang mendapatkan hasil bahwa (1)implementasi kurikulum merdeka meliputi tiga hal yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi(2)pelaksanaan PAI berbabasis kurikulum merdeka di sekolah SMPN 1 Peterongan Jombang menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan praktek(3)hambatan implementasi kurikulum merdeka datang dari dua faktor yaitu dari pendidik yang hampir purna sehingga kurang dalam penguasaan teknologi dan dari peserta didik yang mengeluh membawa barang yang akan dibuat praktek.
References
Andi Kamal Ahmad, Abdul Razzaq, Nidya Nina Ichiana. (2023). “Orientasi Kurikulum Merdeka: Hambatan Belajar Matematika Dalam Capaian Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Mipa. 1164.
Afifah Laili Sofi Alif, Miptah Farid. (2020). “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. 267.
Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.
Bahri Kamal, Hikmatul Maulidah. (2020). “Studi Komparatif Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi Pada Mata Kuliah Akuntansi Biaya”. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial. 150.
Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.
Fauzi, Achmad. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak” . Jurnal Pahlawan. 22.
Fajri, Suryadi. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah”, Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora. 393.
Firelia de kock, Jossapat Hendra Prijanto. (2021). “Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 241.
Fatimah, Cut. (2020). “Penggunaan Metode Praktek Dalam Meningkatkan Keterampilan Teknik Budi Daya Tanaman Obat”. Jurnal Al-Azkiya. 28.
Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.
Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.
Isa Anshori, Syifaun Nadhiroh. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Journal Of Islamic Education. 65.
Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.
Lufri, Syamsurizal, Ida Elfira. (2023). “Systematic Literature Review: Efektivitas Penggunaan Google Form Untuk Evaluasi Pembelajaran”. Mathemo Journal. 94.
Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.
Mulyadi, Ahmad Zulfi, Ibrahim, Ahmad Zainuri, Yunita. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”. Jambura Journal Of Educational Management. 25.
Mekarisce Augina, Arnild. (2020). “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat”, Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. 146.
Ma’mun, Syukron. (2021). “Analisis Metode Pembelajaran Ceramah Masa Pandemi Covid 19”. Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam. 142.
Mellisa, Ira Wantiana. (2023). “Kendala Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka”. Jurnal Basicedu. 1463.
Muhammad ilyas sipahutar, zaini dahlan, yusnaili budianti. (2022). “kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam”. jurnal basicedu. 2568.
Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.
Nyoman Mantra, Ida Bagus. (2022). “Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka”. Jurnal Inovasi Penelitian. 6317.
Pohan, Siti Maharani. (2023). “Implementasi Pembelajaran Pai Dalam Kurikulum Merdeka Di Smp Muhammadiyah 47 Sunggal”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia. 422.
Qiqi Yuliati Zaqiah, Supiana, Agus Sumpena, Dindin Alawi. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmu Pendidikan. 5873.
Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.
Susilowati, Evi. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Journal Of Science Education. 130.
Tasman Hamami, Ary Asy’ari. (2020). “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21”. Jurnal Pendidikan Islam. 34.
Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.
Waruwu, Marinu. (2023). “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi Mixed Method”, Jurnal Pendidikan Tambusai. 2898.
Wahyuni, Siti. (2022). “Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 13405.
Yani Pratiwi, Apriliyanti Muzayanati, Sukiman, Rosnaeni. (2022). “Model-Model Pengembangan Kurikulum Di Sekolah”, Jurnal Ilmu Pendidikan. 468.
Yuliah, Elih. (2020). “Implementasi Kebijakan Pendidikan”. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan. 134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Aslam Fisal Bawani, M Yahya Ashari, Indra Kusuma Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.