Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengelolaan biaya pendidikan di MTsN 3 Kota Kediri menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Informan utama dalam penelitian ini terdiri dari kepala komite, bendahara, dan kepala Tata Usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan biaya pendidikan di MTsN 3 Kota Kediri melibatkan berbagai sumber pendanaan, seperti dana BOS dan sumbangan komite. Proses pengelolaan dana dilakukan dengan merencanakan anggaran secara detail dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM), yang kemudian diverifikasi dan disetujui oleh pihak terkait. Pencairan dan penggunaan dana dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, dengan fokus pada transparansi dan akuntabilitas. Tantangan utama dalam pengelolaan biaya pendidikan adalah fluktuasi harga bahan dan jasa serta perubahan kebutuhan yang mendadak. Meskipun demikian, dengan koordinasi yang baik antara pihak madrasah dan komite, serta pengawasan yang ketat, pengelolaan dana dapat berjalan efektif untuk mendukung kegiatan pendidikan di madrasah.
References
Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.
Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung: Widiana Bhakti Persada.
Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.
Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.
Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.
Fattah, N. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Aktivitas Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya
H, Sori Alam. (2022). Pengelolaan Biaya Pendidikan Madrasah. Journal of Education and Teaching.
Khuluqiah, dkk. (2022). Pengelolaan Biaya Pendidikan di TK Al-Adabiy Pada Tahun 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.
Mujayaroh & Rohmat (2020). Pengelolaan dan Pengalokasian Dana Pendidikan di Lembaga Pendidikan. Arfannur: Journal of Islamic Education.
Rohmat (2016). Relasi Kepemimpinan dan Kultur Sekolah. Jurnal Kependidikan Insania.
Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.
Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.
Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.
Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.
Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.
Subana. (2011). Dasar-Dasar Penelitian, Pustaka Setia.
Sudarmono (2021). Pembiayaan pendidikan. JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suhardan. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. ALFABETA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syifa Nur Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.