Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar
Abstract
Pembelajaran merupakan proses yang bertujuan. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan baik tentu hendaknya menempuh cara atau langkah-langkah yang baik pula dalam mengetahui keberhasilan belajar peserta didiknya. Sejauh mana pemahaman peserta didik terkait materi pembelajaran itu hanya dapat diketahui dengan diadakannya proses evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis studi kepustakaan, yaitu penulis mengumpulkan bahan-bahan yang berhubungan dengan penelitian, baik dari buku, jurnal, literatur, dan publikasi lainnya yang relevan dan dapat dijadikan sumber untuk diteliti lebih lanjut oleh penulis. Hasilnya, evaluasi pembelajaran adalah penilaian yang dilakukan oleh seorang pendidik terhadap sejauh mana pemahaman peserta didiknya akan pembelajaran yang telah disampaikan di dalam kegiatan belajar mengajar guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Adapun jenis evaluasi seperti evaluasi penempatan, formatif, diagnostik, dan sumatif memegang peran penting dalam membantu pendidik dan peserta didik untuk meraih tujuan dan hasil pembelajaran yang diinginkan. Kemudian, menentukan tujuan evaluasi, memilih desain evaluasi, memvalidasi data, mengolah dan menafsirkan data, memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan, serta melaksanakan tindak lanjut evaluasi adalah langkah-langkah dalam proses evaluasi pembelajaran. Terakhir, evaluasi yang baik harus memenuhi karakteristik seperti validitas, objektivitas, praktis, dan ekonomis agar memberikan informasi yang akurat dan mendukung pengambilan keputusan yang berkualitas dalam proses pembelajaran.
References
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):974–80.
Ahyat, N. 2017. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4(1):24–31.
Akmalia, R., D. Oktapia, E. E. Hasibuan, I. T. D. Hasibuan, N. Azzahrah, dan T. S. A. Harahap. 2023. “Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5(1):4089–92.
Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.
Arifandi, A. S. D. 2020. “Evaluasi Kinerja Guru.” Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman 4(2):106–19.
Asrul, A., Abdul Hasan Saragih, dan M. Mukhtar. 2022. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Butarbutar, M. I., S. A. B. Sinulingga, J. R. Marpaung, dan R. M. Harahap. 2023. “Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya.” Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 2(1):249–61.
Dasopang, M. D. 2017. “Belajar dan Pembelajaran.” Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3(2):333–52.
Devi, M. Y., R. Hidayanthi, dan Y. Fitria. 2022. “Model-Model Evaluasi Pendidikan dan Model Sepuluh Langkah dalam Penilaian.” Jurnal Basicedu 6(1):675–83.
Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.
Febriana, Rina. 2021. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.
Hairun, Y. 2020. Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Halwa, Halawati, dan Muhammad Arsyam. 2021. “Ciri-ciri, Prinsip-prinsip, Jenis dan Proses Evaluasi Pendidikan.”
Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.
Hidayat, T., dan A. Asyafah. 2019. “Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1):159–81.
Indonesia, Pemerintah. 2003. “Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.
Kartowagiran, B. 2021. “Pengembangan Asesmen Nasional Berbasis Kelokalan.” Hal. 7–26 in Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA).
Kurniawan, Andri, Aurora Nandia Febrianti, Rahmad Risan, dan Tuti Hardianti. 2022. Evaluasi Pembelajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
L, Idrus. 2019. “Evaluasi dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(2):920–35.
Magdalena, I. 2023. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Sukabumi: CV. Jejak.
Magdalena, I., N. Hidayati, R. H. Dewi, S. W. Septiara, dan Z. Maulida. 2023. “Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya.” Masaliq 3(5):810–23.
Mahanum, Mahanum. 2021. “Tinjauan Kepustakaan.” ALACRITY: Journal of Education 1–12.
Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.
Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.
Phafiandita, A. N., A. Permadani, A. S. Pradani, dan M. I. Wahyudi. 2022. “Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas.” JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik 3(2):111–21.
Putro, H. Y. S., E. C. Makaria, H. Hairunisa, dan G. Rahman. 2023. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran.” Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) 2(4):698–705.
Rahayu, Vina Putri, dan Hery Noer Aly. 2023. “Evaluasi Kurikulum.” Journal on Education 5(3):5692–99.
Rifa’i, Y. 2023. “Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset.” Cendekia Inovatif dan Berbudaya 1(1):31–37.
Saadah, M., Y. C. Prasetiyo, dan G. T. Rahmayati. 2022. “Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif.” Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika 1(2):54–64.
Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.
Suardipa, I. P., dan K. H. Primayana. 2023. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya 4(2):88–100.
Sudijono, Anas. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukma, V. M. 2022. “Motivasi Belajar: Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Kemampuan Kognitif yang Tinggi di Kelas 3C MIN 1 Kota Malang.” Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(1):63–77.
Syarnubi, S. 2023. “Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam.” Jurnal PAI Raden Fatah 5(2):468–86.
Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.
Warsah, I., dan H. Habibullah. 2022. “Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 5(1):213–25.
Widodo, H. 2021. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: UAD Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Aidila Fitria, Muhammad Yoga Julyanur, Eka Widyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.