Analisis Sistematika Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Isropil Siregar Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Sukardi S Muda Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Muhammad Rizky Ferdiansyah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Muhammad Zawahir Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sistematika penulisan laporan penelitian tindakan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas laporan yang disusun oleh guru bervariasi secara signifikan. Sebagian besar laporan belum memenuhi standar akademik yang diharapkan, terutama dalam hal kejelasan struktur dan keakuratan konten. Kesulitan utama yang dihadapi oleh para guru adalah dalam menyusun bagian metodologi dan analisis data yang sering kali kurang sistematis dan tidak didukung oleh data yang memadai. Faktor-faktor seperti keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan, dan minimnya sumber daya juga turut mempengaruhi kualitas laporan PTK yang dihasilkan. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan berkelanjutan dan pengembangan panduan yang lebih rinci untuk membantu guru dalam menyusun laporan PTK yang lebih sistematis dan memenuhi standar akademik. Dengan adanya dukungan yang lebih baik, diharapkan guru dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis laporan yang tidak hanya mendokumentasikan proses dan hasil penelitian dengan jelas, tetapi juga memberikan wawasan yang mendalam tentang refleksi dan tindakan yang diambil. Hal ini akan membantu meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

References

Mulyasa, E. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar untuk Guru. Bandung:

Remaja Rosdakarya, hal. 45-60

Sukardi, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara,

hal. 45-50.

Sukardi, S. (2013). Metode Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi

Aksara, hal. 85-90.

Mulyasa, E. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar untuk Guru. Bandung:

Remaja Rosdakarya, hal. 54-58

Mulyasa, E. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar untuk Guru. Bandung:

Remaja Rosdakarya, hal. 67-80.

Mulyasa, E. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar untuk Guru. Bandung:

Remaja Rosdakarya, hal. 89-95

Dalman, M. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, hal. 12

https://roboguru.ruangguru.com

https://www.gramedia.com/literasi/karya

https://www-detik-com.cdn.ampproject.org/v

https://www.jopglass.com/laporan-penelitian

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Isropil Siregar, Sukardi S Muda, Muhammad Rizky Ferdiansyah, & Muhammad Zawahir. (2024). Analisis Sistematika Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 47–55. Retrieved from http://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/qazi/article/view/125

Issue

Section

Articles