Penguatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Pelatihan di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Authors

  • Selviani STAI Auliaurrasyidin Tembilahan - Riau
  • Risviyaldi STAI Auliaurrasyidin Tembilahan - Riau
  • Nurhadi STAI Auliaurrasyidin Tembilahan - Riau
  • Deddy Yusuf yudhyarta STAI Auliaurrasyidin Tembilahan - Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qw.v1i2.525

Keywords:

Student Leadership, Character Strengthening, Training Program, Experiential Learning

Abstract

Mahasiswa sebagai agen perubahan memerlukan modal karakter kepemimpinan yang kuat agar mampu berkontribusi maksimal di masyarakat. Observasi di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan menunjukkan perlunya intervensi untuk menguatkan inisiatif dan kemampuan manajerial organisasi mahasiswa. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menguatkan karakter kepemimpinan mahasiswa STAI Auliaurrasyidin Tembilahan melalui pelatihan yang berfokus pada pengembangan pribadi dan keterampilan tim. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode experiential learning dan simulasi studi kasus dengan melibatkan 50 mahasiswa dari berbagai program studi, yang terbagi dalam sesi Self-Leadership, Teamwork, dan Problem Solving. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek karakter kepemimpinan yang diukur, ditunjukkan dari peningkatan rata-rata skor evaluasi kemampuan kolaborasi tim dan inisiatif individu. Selain itu, Modul Pelatihan Kepemimpinan berhasil disusun dan diserahkan kepada pihak kampus sebagai luaran kegiatan. Disimpulkan bahwa pelatihan terstruktur merupakan strategi yang efektif dalam mengembangkan kompetensi kepemimpinan. Disarankan agar modul pelatihan ini diintegrasikan sebagai program pembinaan rutin di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan untuk menjamin keberlanjutan dampak positif.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman umum program pengabdian kepada masyarakat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice (9th ed.). SAGE Publications.

Ramadhani, S., & Wardani, N. A. (2022). Pelatihan Experiential Learning untuk Peningkatan Soft Skills dan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 3(2), 522-530.

Yudhyarta, D. Y., Zamsiswaya, Z., & May, A. (2025). Integrating Pancasila Values in Islamic Education: A Learning Model Based on Azyumardi Azra’s Perspective. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 17(3), 1989-1998. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i3.7318

Yukl, G. (2013). Leadership in organizations (8th ed.). Pearson Education.

Downloads

Published

2025-12-09

How to Cite

Selviani, Risviyaldi, Nurhadi, & Deddy Yusuf yudhyarta. (2025). Penguatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Pelatihan di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. QAWIUN : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 114–120. https://doi.org/10.61104/qw.v1i2.525

Issue

Section

Articles