Efektivitas Pemanfaatan dan Penyaluran Sarana Prasarana Pendidikan: Tinjauan Konseptual dan Prosedural

Authors

  • Sukron Makmun Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri
  • Hairul Marif Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri
  • Muhammad Fatichul Irsyad Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri
  • Ahmad Nafis Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri
  • Muawanah Muawanah Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri

DOI:

https://doi.org/10.61104/qw.v1i1.381

Keywords:

Manajemen Sarana Prasarana, Efektivitas, Distribusi Pendidikan

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan elemen penting dalam menjamin keberhasilan proses pembelajaran dan pemerataan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara konseptual dan prosedural efektivitas pemanfaatan serta penyaluran sarana prasarana di lembaga pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah 15 artikel jurnal terakreditasi nasional dan internasional serta satu buku utama terkait manajemen sarpras. Hasil kajian menunjukkan bahwa efektivitas sarpras dipengaruhi oleh lima faktor utama, yaitu ketersediaan data kebutuhan yang akurat, sistem pengadaan dan distribusi yang akuntabel, kompetensi manajerial kepala sekolah, partisipasi aktif guru dan tenaga kependidikan, serta mekanisme pemeliharaan dan monitoring berkelanjutan. Digitalisasi monitoring terbukti meningkatkan transparansi dan efisiensi, sementara kolaborasi antara pemangku kepentingan sekolah memperkuat keberlanjutan sarpras. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi manajemen sarpras dalam sistem penjaminan mutu pendidikan yang menyeluruh

References

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Deepublish.

Anggraini, L., Marvira, E., Dewi, D. E. C., & Aprianti, A. (2025). Efektivitas pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif. Jurnal Sadewa, 3(3), 308–317.

Anugrahwati, C., Mahmud, D. R., & OlakWuwur, E. S. P. (2022). Analisis manajemen sarana dan prasarana di sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 905–915.

Ayusaputri, K. G., Musatafa, I. A., Syamsuddin, S., & Warman, W. (2024a). Guru Sahabat Sarpras: Peran guru dalam pengawasan sarpras. Basicedu, 8(6), 9806–9817.

Ayusaputri, K. G., Musatafa, I. A., Syamsuddin, S., & Warman, W. (2024b). Pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Basicedu, 8(6), 9806–9817.

Bafadal, I. (2003). Manajemen peningkatan mutu sekolah dasar: Dari sentralisasi menuju desentralisasi. Bumi Aksara.

Dewi, L., & Kartini, S. (2023). Kompetensi kepala sekolah dan manajemen sarpras. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 115–120.

Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan, A. (2018). Evaluasi manajemen sarpras di SMA. Jurnal Supervisi Pendidikan, 2(3), 179–184.

Fitri, A., Ulfah, H., & Aswita, S. (2024). Kurangnya sarana dan prasarana menghambat proses belajar mengajar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 507–515.

Glewwe, P., & Muralidharan, K. (2016). Improving education outcomes in developing countries: Evidence, knowledge gaps, and policy implications. In E. Hanushek, S. Machin, & L. Woessmann (Eds.), Handbook of the Economics of Education (Vol. 5, pp. 653–743). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-63459-7.00010-5

Handayani, P. (2022). Kompetensi kepala sekolah dan budaya pemeliharaan sarpras. Jurnal Pendidikan Nasional, 6(4), 87–94.

Hayati, R., Sa’idah, S., Talindong, A., Damayanti, N., Hadikusumo, R. A., et al. (2025). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Hidayat, M., Fauzi, A., & Nurliyana, T. (2023). Survei kebutuhan sarpras partisipatif. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 105–112.

Islamiah, N., Fazriah, A., & Sigiro, W. B. (2023). Pemanfaatan sarana dan prasarana sebagai pendukung keaktifan siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 173–178. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i1.3104

Jumari, J. (2023). Evaluasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Manajer Pendidikan, 15(3).

Koswara, D. D. (2023). Implikasi monitoring dan evaluasi terhadap peningkatan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Makmun, S. (2022). Manajemen sarana dan prasarana dalam peningkatan minat belajar siswa kelas unggulan di MTs Negeri 2 Kediri. IAIN Kediri.

Maulana, A., & Setiawan, B. (2024). Distribusi sarpras berbasis IoT untuk transparansi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 55–62.

Maulani, S., Budiman, B., Panjaitan, D. H., Serungke, M., Rahmadani, S., & Rambe, N. (2025). Peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 210–218.

Nelliraharti, N., & Jarmita, N. (2025). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Journal of Education Science, 11(1), 1–10.

Nguyen, T. D., Pham, T., & Le, H. (2021). The role of teacher collaboration in optimizing learning with digital facilities in Southeast Asian schools. Asia Pacific Journal of Education, 41(3), 367–383. https://doi.org/10.1080/02188791.2020.1838888

OECD. (2023). Education at a glance 2023: OECD indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/69096873-en

Padlan, P., & Nurmahmudah, F. (2024a). Jadwal pemeliharaan preventif sarpras di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 45–52.

Padlan, P., & Nurmahmudah, F. (2024b). Manajemen pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana di SD Muhammadiyah Tanjung Redeb. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).

Prasetyo, A., & Sadad, R. (2024). Peran sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar madrasah ibtidaiyah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 11–18.

Putri, N. I., Amalia, D., Oktavianti, O., & Simanullang, E. R. C. (2024). Peran peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dalam mendorong kesetaraan dan keadilan pendidikan. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 590–596.

Rahayu, S., & Prasetyo, A. (2023). Pelibatan guru dalam perawatan sarpras sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 58–64.

Ratnasari, D., & Herdiani, R. (2024). Perencanaan kebutuhan sarpras berbasis partisipatif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Manajemen, 5(1), 10–15.

Rizki Ananda, R., Yusnisari, F., Prorida, D., Deswita, M., & Rahmadani, S. (2025). Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 007 Pulau Lawas: Penelitian deskriptif. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1–10.

Situmorang, M. S., Damanik, A. S., & Darmansyah, T. (2024a). Efektivitas monitoring dan evaluasi dalam implementasi kebijakan pendidikan. Jurnal Arjuna, 3(1).

Situmorang, M. S., Damanik, A. S., & Darmansyah, T. (2024b). Monitoring sarpras dan mutu kelembagaan sekolah. Jurnal Arjuna, 3(1), 12–20.

Somantri, D., Sembiring, D. A., & Septiani, I. A. (2024). Evaluasi kebijakan pendidikan terhadap pembangunan sarana dan prasarana di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31935–31942.

Suharyadi, A. (2025). Manajemen sarana prasarana pendidikan. FlipHTML5.

Supriatna, E., & Sumiati, R. (2022). Penggunaan data historis dalam perencanaan sarpras. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(3), 45–52.

Susanti, P., Reza, O. N. L., Adi, P. I. K., Putu, D. I., & Redan, W. B. (2023a). Akuntabilitas sistem tender sarpras digital. Jurnal Pendidikan Guru, 5(3), 123–130.

Susanti, P., Reza, O. N. L., Adi, P. I. K., Putu, D. I., & Redan, W. B. (2023b). Pengaruh ketersediaan sarana dan prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru, 5(3), 123–130.

Susilawati, E. (2020). Manajemen pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1).

Ula, K. I., & Rohman, T. (2024a). E-inventory dan pelaporan mobile untuk pemeliharaan sarpras. EKOMA, 3(4), 1628–1637.

Ula, K. I., & Rohman, T. (2024b). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di lembaga pendidikan Islam. EKOMA, 3(4), 1628–1637.

UNESCO. (2021). The role of infrastructure in shaping educational outcomes. UNESCO Publishing.

UNICEF. (2020). Building resilient education systems: The role of facilities in learning recovery. UNICEF Publications.

World Bank. (2020). The COVID-19 pandemic: Shocks to education and policy responses. World Bank.

World Bank. (2022). Learning recovery to acceleration: A global update on education. World Bank.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-09-17

How to Cite

Sukron Makmun, Hairul Marif, Muhammad Fatichul Irsyad, Ahmad Nafis, & Muawanah, M. (2025). Efektivitas Pemanfaatan dan Penyaluran Sarana Prasarana Pendidikan: Tinjauan Konseptual dan Prosedural. QAWIUN : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.61104/qw.v1i1.381

Issue

Section

Articles