Kreatifitas Siswa Melalui Kegiatan Kolase Dengan Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Dikelas 2 SDN 2 Sembuluh 1

Authors

  • Nadia Saputri Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Nur Deviani Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Sabariah Sabariah Universitas Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61104/qw.v1i1.371

Keywords:

Kreativitas, Kolase, Daur Ulang, Siswa Sekolah Dasa

Abstract

Kreativitas merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang harus dikembangkan sejak dini melalui pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan kolase berbasis daur ulang dan menganalisis pengaruhnya terhadap kreativitas siswa kelas 2 SDN 2 Sembuluh 1. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kolase mampu meningkatkan kreativitas siswa melalui kemampuan menghasilkan ide yang beragam, penggunaan bahan secara unik, dan kemandirian dalam menyusun komposisi visual. Siswa juga menunjukkan peningkatan keterampilan motorik halus, keberanian mengekspresikan gagasan, serta kesadaran lingkungan melalui praktik reduce, reuse, dan recycle. Selain itu, kegiatan ini menumbuhkan rasa percaya diri, kerja sama, serta sikap peduli terhadap lingkungan sekolah dan rumah. Penelitian ini mengimplikasikan perlunya integrasi kegiatan seni berbasis lingkungan dalam pembelajaran sekolah dasar untuk mengembangkan kreativitas dan karakter peduli lingkungan siswa

References

Arini, A. (2018). Kolase sebagai media pembelajaran seni rupa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 6(2), 123–132.

Beghetto, R. A., & Kaufman, J. C. (2014). Classroom contexts for creativity. High Ability Studies, 25(1), 53–69. https://doi.org/10.1080/13598139.2014.905247

Craft, A. (2019). Creativity and education futures: Learning in a digital age. London: Trentham Books.

Destiana, D. (2018). Kolase dalam pembelajaran seni rupa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(3), 211–219.

Efland, A. D. (2002). Art and cognition: Integrating the visual arts in the curriculum. New York: Teachers College Press.

Goldstein, T. R., & Winner, E. (2012). Enhancing empathy and theory of mind. Journal of Cognition and Development, 13(1), 19–37. https://doi.org/10.1080/15248372.2011.573514

Hallam, S. (2010). The power of music: Its impact on the intellectual, social and personal development of children and young people. International Journal of Music Education, 28(3), 269–289. https://doi.org/10.1177/0255761410370658

Kim, H., & Park, E. (2021). Environmental education through art: The role of creative activities in fostering pro-environmental behavior. Sustainability, 13(4), 2149. https://doi.org/10.3390/su13042149

Khasanah, Y. N., & Ichsan, M. (2010). Kolase sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 45–56.

Nursidik, M. (2021). Pemanfaatan bahan bekas dalam pembelajaran seni rupa. Jurnal Pendidikan Seni, 9(1), 33–41.

Praptiwi, R., & Widyastuti, T. (2022). Pengembangan motorik halus melalui kegiatan seni kolase pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 145–157.

Purnamasari, D. (2022). Kolase sebagai media pembelajaran kreatif di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 88–96.

Runco, M. A., & Jaeger, G. J. (2012). The standard definition of creativity. Creativity Research Journal, 24(1), 92–96. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.650092

Siraj-Blatchford, J. (2009). Education for sustainable development in early childhood. International Journal of Early Childhood, 41(2), 9–22. https://doi.org/10.1007/BF03168885

Sulastri, S., & Astuti, R. (2021). Eksplorasi bahan dalam pembelajaran seni rupa anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 200–210.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.

UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. Paris: UNESCO Publishing.

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. Paris: UNESCO Publishing.

UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarti, W., Rahman, A., & Hidayati, S. (2024). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 110–120.

Downloads

Published

2025-09-17

How to Cite

Saputri, N., Nur Deviani, & Sabariah, S. (2025). Kreatifitas Siswa Melalui Kegiatan Kolase Dengan Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Dikelas 2 SDN 2 Sembuluh 1. QAWIUN : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.61104/qw.v1i1.371

Issue

Section

Articles